Cabai | cabai elegance

Cabai | cabai elegance

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggt genus Capsicum. Buahnya dpt diglngkn sbg sayuran mpn bumbu, tergantung bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yang pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bagi seni mskn Padang, cabai bhkn dianggp sbg "bhn makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt slt bg masakan Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu jenis sayuran yg memilki nilai ekonomi yang tngg. Cabai mengandung brbg macam senyawa yang berguna bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yg berfungsi untuk menjaga tbh dr serangan radikal bbs. Kandungan trsbr antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai jg mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yg brprn sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn salah satu produk sayuran yg bnyk dibddykn oleh petani di Indonesia karena memiliki hrg jual yg tinggi [2]dan mempunyai beberapa manfaat kesehatan yang slh satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mngndlkn penyakit kanker. Sln itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dpt mmnh kbthn harian stp orang, namun harus diknsms secukupnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) dan mrpkn tumbuhan yang mdh ditanam di dtrn rendah ataupun di dtrn tngg. Tumbuhan cabai bnyk mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yg mnybbkn rasa pedas & mmbrkn khngtn panas bila dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mdh shngg dapat dipakai untk kebutuhan sehari-hari tanpa hrs mmblnya di pasar.

Pohon cabai cocok ditnm pd tanah yg kaya humus, gembur & sarang, srt tdk tergenang air; pH tanah yg ideal sktr 5-6. Wkt tanam yang baik untuk lahan kering adalah pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yg tinggi, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada risiko kggln. Tumbuhan cabai diperbanyak melalui bj yg ditnm dr tanaman yg sehat srt bebas dr hama & penyakit. Buah cabai yang tlh diseleksi untk bibit dijmr hingga kering. Kalau pnsnya cukup dlm lima hari tlh krngkering kemudian baru diambil bjnya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gr bj).

Permasalahan produksi

Salah satu kendala utm dlm sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini srng mnybbkn gagal panen[3]. Lprn Departemen Pertanian RI thn 2006 mnnjkkn bhw kerusakan pd tumbuhan cabai di Indonesia dpt mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng srng tmpk sehat & utuh dari luar tetapi bila dilihat di dlmnya mmbsk dan mengandung larva lalat. Penyebabnya trutm adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gjl awlnya yg tak tmpk jelas, smntr hama ini sbnrnnya masih trbts di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditakuti sehingga dapat menjadi pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn salah satu hama penting pd bddy cabai krn dapat mnybbkn kerusakan hngg 80%. Upaya pngndlnnya dapat mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sbnrnya sdh dilkkn cara untuk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yang bisa mencegah serangan lalat buah. Akan ttp, cara ini tidak praktis untk dilakukan pada tanaman cabai dalam areal yg luas. Sementara pnggnn insektisida sln mncmr lngkngn jg sangat brbhy bagi knsmn buah. Oleh krn itu, diperlukan cara pngnndln yang ramah lngkngn dan cck untk diterapkan di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Cara pngndln lalat buah pada tanaman cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik karena dianggp praktis, mdh didapat, & mnnjkkn efek yg cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-02-15 21:48:10 * 2019-02-13 10:36:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai elegance adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai elegance"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit