Ketapang | stek pohon ketapang

Ketapang | stek pohon ketapang

 

Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan mmbntk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan tumbuhan peneduh di taman-taman & tepi jln. Selain nama ketapang dengan brbg jenis dialeknya (mslnya Bat.hatapangNiaskatafaMink.katapiÄ•ngTeupah:lahapangTim.ketapasBug.atapang; dll.), tanaman ini jg memiliki banyak sbtn seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulut);tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); & sebagainya.[2]

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini diknl dg nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almond,Singapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, dan lain-lain.

Pemerian botanis

Pohon besar, tingginya mencapai 40 meter dan gemang batang sampai 1,5 m. Bertajuk rindang dg cabang-cabang yang tumbuh mendatar dan bertingkat-tingkat; tanaman yg muda sering tampak sprt pagoda. Pohon-pohon yang tua dan bsr acap kali berbanir (akar papan), tingginya bisa hingga 3 meter.[3]

Daun-daun trsbr, sebagian bsrny berjejalan di ujung ranting, bertangkai pendek atau hmpr duduk. Helaian daun bundar telur terbalik, 8–25(–38) x 5–14(–19) cm, dg ujung lebar dengan runcingan dan pangkal yang menyempit perlahan, helaian di pangkal bentuk jantung, pangkal dg kelenjar di kiri-kanan ibu tulang daun di sisi bwh. Helaian srp kulit, licin di atas, berambut halus di sisi bwh; kemerahan jika akan rontok.[3][4]

Bunga-bunga berukuran kecil, terkumpul dlm bulir dkt ujung ranting, panjang 8–25 cm, hijau kuning[3]. Bunga tak bermahkota, dg kelopak bertaju-5, bntk piring atau lonceng, 4–8 millimeter, putih[4] atau krem. Benang sari dalam 2 lingkaran, tersusun lima-lima. Buah batu bulat telur gepeng, bersegi atau bersayap smpt, 2,5–7 x 4–5,5 centimeter, hijau-kuning-merah, atau ungu kemerahan jk matang.[3][4]

Penyebaran dan ekologi

Ketapang mrpkn tumbuhan asli Asia Tenggara & umum dijumpai di wilayah ini, kcl di Sumatra & Kalimantan yg agak jrng didpt di alam. Tanaman ini biasa ditanam di Australia bg utara & Polinesia; dmkn pula di IndiaPakistan,MadagaskarAfrika Timur dan Afrika BaratAmerika Tengah, serta Amerika Selatan.[5]

Tanaman ini cocok dg iklim pesisir & dataran rendah hingga ketinggian sekitar 400 m dpl.; curah hujan antara 1.000–3.500 millimeter pertahun, & bulan kering hingga 6 bln[3]. Ketapang menggugurkan daun hingga dua kali setahun, shngg tanaman ini bisa tahan mnghdp bulan-bulan yang kering[6]. Buahnya yang memiliki lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai & laut[4] hngg berbulan-bulan, sblm tmbh di tmpt yang cocok. Buahnya juga disbrkn oleh kelelawar.

Manfaat

Pepagannya & daun-daunnya dimanfaatkan orang untk menyamak kulit, sbg bahan pewarna hitam, & jg untk membuat tinta[2]. Pepagan mnghslkn zat pewarna kuning kecoklatan sampai wrn zaitun, dan mengandung11–23% tanin; sementara daun-daunnya mngndng 12 mcm tanin yang dapat dihidrolisis[5]. Dlm pd itu populer keyakinan di kalangan penggemar ikan hias bhw menaruh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Betta spp.), dapat memperbaiki kesehatan dan memprpnjng umur ikan[7].

Kayu terasnya merah bata pucat hingga kecoklat-coklatan, ringan sampai sedang, BJ-nya berksr antr 0,465–0,675; ckp keras dan ulet, nmn tidak begitu awet[5]. Kayu ini dalam perdagangan diknl sebagai red-brown terminalia, dan digunakan sbg penutup lantai atau venir[8]. Di Indonesia, kayu ini dgnkn dlm pembuatan perahu & jg untk ramuan rumah[2].

Biji ketapang dapat dimkn mentah atau dimsk, konon lebih enak dari bj kenari, & digunakan sbg pnggnt bj amandel (almond) dalam kue-kue[2]. Inti bijinya yg kering jemur menghslkan minyak brwrn kuning hngg setengah dr bobot semula. Minyak ini mngndng asam-asam lemak sprt asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat & asam miristat. Bj kering ini juga mengandung protein (25%), gula (16%), serta brbg mcm asam amino.[5]

Jenis yang berkerabat

Nama ketapang jg dgnkn untk menyebut T. gigantea V.Sl., yg tmbh di tmpt berpaya-paya di Simeulue bgn selatan[2]. Kerabat dekatnya yang menyerupai ketapang, di antaranya[3]:

·         T. littorea, memiliki bulir bunga yang lbh pendek & bgt juga buahnya (kecil, < 2,5 centimeter).

·         T. glabrata, mempunyai tangkai daun yg pnjng (1,5–2,5 centimeter), pangkal helaian daun tidak bebntk jantung, dan buah yg relatif lebih kecil dan menyegi.

Jenis lain, T. bellirica Roxb. yang dikenal sbg jaha atau joho lawe (Jw.) mnghslkn buah yang dgnkn sebagai bahan jamu, bhn penyamak dan bhn pewarna[2].

 

2019-02-07 8:50:31 * 2019-02-04 12:48:01

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Ketapang | stek pohon ketapang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Ketapang | stek pohon ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit