Vanili | tutorial tanaman vanili

Vanili | tutorial tanaman vanili

 

Vanili (Vanilla planifolia) adl tumbuhan penghasil bubuk vanili yang biasa dijdkn pewangi makanan. Bubuk ini dihslkn dari buahnya yang berbentuk polong.

Tmbuhan vanili dikn pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tumbuhan trsbt. Nm daerah drI vanili adl Panili atau Perneli.

Morfologi Vanili

Batang tumbuhan vanili kira-kira sbsr jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Panjang rata-rata 15 cm. Tanaman melekat pada pohon atau tonggak yang tlh disdkn.

Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pd masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepnjngn 10-25 cm serta lbr 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dg ujung lancip. Tulang daun sejajar, tmpk setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun msh muda tidak jelas klhtn.

Rngkn bunga vanili adalah bunga tandan yg terdiri dr 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bg pucuk batang. Bntk bunganya duduk, brwrn hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 centimeter dan berbau agak harum.

Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang trltk dalam dua lngkrn. Daun bunga bgn luar (sepal) sedikit lebih besar drpd bgn dlm petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, mngglng sprt corong yang dsbt bibir (rostelum).

Reproduksi

Di Meksiko tanaman vanili dapat berbuah krn ada serangga yg mmbnt penyerbukannya.

Putik pada bunga vanili trttp oleh bibir, sehingga penyerbukan scr alamiah trhlng, kepala sari (anther) berisi dua butir tepung sari, ltknya lebih tinggi daripada kepala putik. Keistimewaan dr bunga vanili yaitu kepala putiknya berisi cairan perekat. Bila tepung sari diletakkan disana akan sgr mnmpl & trjdlah pembuahan.

Bunga vanili yg [tlh|telah} mekar hny dpt bertahan satu hari. Jika bunga yg tlh mekar itu tidak sgr dikawinkan, akan layu & kmdn rontok. Oleh sebab itu harussering keliling kebun untk mengontrol perkembangan vanili.

Saat yang baik untuk mengawinkan bunga vanili adalahpd pg hari. Hari-hari basah dan kering skl tidak baik untuk penyrbkn. Berhasil atau tdknya penyerbukan akan tampak stlh dua atau tiga hari. Bunga yang brhsll diserbuki akan brbh wrnya mnjd lbh pucat. Enam buah daun bunganya akan layu ttp tangkai bunganya tetap menempel pada tandan bunga. Bunga yg tdk berhasil diserbuki akan gugur. Setelah trjd pembuahan antr 10-15 buah, bunga pd tandan yg msh kuncup sebaiknya dipangkas, agar zat makanan yang dihisap oleh tumbuhan diakumulasikan pada pmbntkn & pembesaran buah.

Pada wkt bunga mekar, pnjng bakal buah 2-4 cm dg garis tengah 5 millimeter. Satu minggu setelah penyrbkn bakal buah itu dpt mncp panjang 8-10 cm. Lima minggu kmdn buah telah mencapai pnjng mksml 20-25 centimeter, dg garis tengah 1,5 centimeter. Setelah buah mencapai perkembangan yg mksml, lima atau enam bln kmdn buah akan masak.

Warna buah mula-mula hijau muda, kmdn hijau tua disertai dg garis-garis kuning mnjlng matang. Buah yang telah masak berwarna coklat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah mnjd dua bgn, dan menyebarkan aroma vanili.  buah kecil-kecil, bnyk skl jmlhnya, brwrn hitam dan berukuran kira-kira 0,2 mm.

 

2019-03-08 10:25:07 * 2019-03-08 09:13:06

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Vanili | tutorial tanaman vanili adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Vanili | tutorial tanaman vanili"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit