Kepel | pohon buah kepel

Kepel | pohon buah kepel



Gambar untuk Kepel + pohon buah kepelBuah Kepel (Stelechocarpus burahol) Kegemaran Putri Keraton mekarsari buah kepel stelechocarpus burahol kegemaran putri keraton CacheGara gara tidak merakyat, kepel atau burahol menjadi tanaman langka Bagaimana kita melestarikannya kembali sebagai pohon buah yang unik dan  Kepel | Mekarsari Taman Buah mekarsari web agro kepel CacheTanaman kepel (Stelechocarpus burahol) atau burahol adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta Kepel Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki KepelCacheMiripTumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa  Pemerian Manfaat Budidaya PemeliharaanBuah Kepel, Buah Khas Jogja Kegemaran Putri Keraton Semua bobo grid id buah kepel buah khas jogja kegemaran putri keraton? Cache20 Feb 2018 Apakah teman teman pernah melihat buah kepel? Kepel adalah nama sebuah pohon berbuah yang dipercaya memiliki makna istimewa  [Buah Kepel] yang Manis, yang Wangi, yang Langka oleh Indri kompasiana buah kepel yang manis yang wangi yang langkaCache18 Mar 2012 Tidak seperti buah buahan pada umumnya yang pating grandhul di cabang dan ranting pohon, buah kepel tumbuh di batang pohonnya  10 Manfaat Buah Kepel untuk Kesehatan dan Kecantikan Cintai cintaihidup 10 manfaat buah kepel untuk kesehatan dan kecantikan Cache18 Mar 2017 Buah kepel sekarang sudah sangat jarang ditemukan, sulit untuk menemukan buah ini di pasaran atau mengetahui siapa yang memiliki pohon  Pohon kepel makanan Raja di Tamansari Kraton Yogyakarta ► 2:28 youtube watch?v=vBmSVJ3VpsY18 Nov 2014 2 menit Diupload oleh Didi SatyaBuah kepel termasuk buah dari pohon langka, buah kepel makanan raja, dapat Budidaya Tanaman Pangan: budidaya tanaman kepelmadang dab blogspot 2014 05 budidaya tanaman kepel htmlCacheMirip30 Mei 2014 Buah burahol atau buah kepel (Stelechocarpus burahol), buah kegemarannya putri keraton, kini keberadaannya sudah langka Dikatakan  Buah Kepel (Stelechocarpus burahol Alamendah's Blog alamendah org buah kepel stelechocarpus burahol kegemaran putri keraton CacheMirip16 Feb 2010 Kepel adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama ilmiah Stelechocarpus burahol Tumbuhan penghasil buah yang menjadi 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kepel di Bengkulu, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Bali, Banten, Aceh, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon buah kepel di Kab. Sumba Barat Daya, Bandar Lampung, Barito Kuala, Katingan, Bulungan, Barito Kuala, Bulukumba, Makassar, Kab. Kayong Utara, Pasaman Barat, Nias Selatan, Sigi, Padang Lawas Utara, Kab. Trenggalek,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kepel | pohon buah kepel di Kec. Songgom, Kec. Bantimurung, Kec. Mojoanyar, Kec. Padang Gelugur, Kec. Glumpang Tiga, Kota Selatan, Kec. Bae, Kec. Jumapolo, Kec. Cibeureum, Kec. Panca Rijang, Kec. Tulakan, Kec. Cikeusal, Kec. Poncol, Kec. Dukuhwaru, Kec. Pakenjeng, Kec. Saradan, Kec. Denpasar Utara, Kec. Birem Bayeun, Kec. Purwantoro, Kec. Lekok

Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan pnghsl buah hidangan meja yang mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yang jg dikenal sbg Burahol. Buah kepel digmr puteri kraton-kraton di Jawa karena diprcy menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mncp 25 meter. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dengan percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40cm,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yg scr khas trttp oleh bnyk benjolan yg besar-besar. Daunnya berbentuk lonjong-jorong smp bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) centmeter, berwarna hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kmdn berubah menjadi keputih-putihan, muncul pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yg lebih tua, berkmpl sebanyak 8-16 kuntum, diameternya mencapai 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 centmeter. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mrp buah buni (berrylike ripe carpels), pnjng tangkai buahnya mncp 8 cm; daun buah yg matang hamper bulat bntknya, berwarna kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna coklat, berisi sari buah, dpt dimkn. Bjnya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, panjangnya sktr 3 centmeter, berat segar 62-105 g, srt bgn yg dapat dimakan sebanyak 49% & bijinya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yg matang dimkn dalam keadaan segar. Dsbtkan bahwa dagingnya yg berwarna jingga & mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pd ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, & napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sbgpeluruh kencing, mncgh radang ginjal dan mnybbkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sbgparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam bbrp bulan dalam air, dgnkn untuk bhn bangunan rumah dandiberitakan tahan lbh dari 50 tahun. Kepel mrpkn tanaman hias pohon yang indah, daunnya yang muncul secara serentak berubah dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sblm berubah lagi menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yg trssn secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tmbh liar pada tanah lembap & dlm, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai tanaman buah pada ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dpt tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tmpt itu pohon-pohon lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dari biji yang diambil dr buah masak dan disemaikan secepatnya. Penyetekan & pencangkokan sudah pernah dicoba, tetapi tidak brhsl. Benihnya dibrshkn dg jln dicuci dan dikeringkan di tmpt teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, ttp prkcmbhnnya masih memerlukan waktu beberapa bln. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi jg. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tdk brcbng untk bbrp wkt. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ktk tingginya mncp 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jrk tanam 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) brlngsng selama 6-9 thn.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama & penyakit yg berbahaya, ttp pohonnya harus dijaga dr srngn kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap matang bila digores kulitnya trlht bgn bawahnya brwrn kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah msh blm masak). untk mnjg kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bulan sblm dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dalam keranjang atau karung & hendaknya diprlkkn dg hati-hati; buah kepel dpt bertahan dismpn 2-3 minggu pada suhu ruang

2019-04-01 21:35:04 * 2019-04-01 21:19:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | pohon buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | pohon buah kepel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit