Durian | 1 buah durian berapa kg

Durian | 1 buah durian berapa kg



| | | |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
| |

Durian adl nm tmbhan tropis yangbrsl dari wilayah Asia Tenggara, sklgs nama buahnya yangbs dikonsumsi.  Nama ini diambil drciri khas kulit buahnya yang  keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orgyg menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dg aromanya.

Sesnghny, tumbuhan} dg nm durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tmbhn dari marga Durio.[1] Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dikonsumsi & kadangkala dijumpai di pasar tmptnya di Asia Tenggara di antaranya adl lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bwh ini mengacu kepada D. zibethinus.
 

Trdpt bnyk nama lokal. Nama terbnyk ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pd berbg varietas & spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera diknl sbg durian danduren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, org Manado menyebutnya duriang, sementara org Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa dsbt sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur dsbt rulen.

Pusat keankrgmn durian adl Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sekitarnya jg memiliki bbrp plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, dan Semenanjung Malaya meskipun tidak semelimpah Kalimantan. Mskpn demikian, pengekspor utama durian adl Thailand, yang mampu mengembangkan kultivar dg mutu tinggi & sistem budidaya yang baik. Tmpt lain yg membudidayakandurian dg ornts ekspradalah Mindanao di Filipina,Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan Sri Lanka.

Di Filipina, pst penghasil durian adl di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamerupakan perayaan tahunan untk durian di Davao City.

Pohon tahunan, hijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun br (periode flushing /atau peronaan) yang terjadi stlh masa berbuah selesai. Tmbh tinggi dapat mencapai ketinggian 25â€"50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian sering mempunyai banir (akar papan). Pepagan (kulit batang) brwrn cklt kemerahan, mnglps tak beraturan. Tajuknya rindang dan renggang.

Daun brbntk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip atau tumpul & berujung lncp melandai; sisi atas berwarna hijau terang, sisi bawah trttp sisik-sisik berwarna perak / keemasan dg bulu-bulu bintang.[4]

Bunga (juga buahnya) muncul langsung dari batang (cauliflorous) atau cabang-cabang ygtua di bgn pangkal (proximal), berklmpk dalam



krngn berisi 3-10 kuntum brbntk tukal / malai rata. Kncp bunganya [mmblt|membulat}, sktr2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung spnjng lk. 3 cm, daun kelopak tambahan berbentuk bundar telur. Mahkota bntk sudip, [kr|kira-kira} 2× panjang klpk, berjmlh 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya banyak, terbagi ke dalam 5 berkas; kpl putiknya mmbntk bongkol, dg tangkai yang berbulu.[4] Bunga mncl darikuncup dorman, mekar pada sore hari & brthn hingga bbrp hari. Pd siang hari bunga menutup. Bunga ini mnybrkn aroma wangi yang brsl dr kelenjar nektar di bgn pangkalnya untuk mnrk perhatia kelelawar sebagai penyerbuk utmnya.[5] Kajian di Malaysia pd tahun 1970-an menunjukkan bhw penyerbuk durian adalah kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian tahun1996 lbh jauh menunjukkan [bhw|bahwa} hwn lain, seperti burung madu Nectariniidae dan lebah turut srt dalam penyerbukan tiga kerabat durian lainnya.[3][6]

Buah durian bertipe kapsul brbntk bulat, bulat telur hgg lonjong, dg pnjng hngg 25 cm dan diameter hngg 20 cm.[4] Kulit buahnya tebal, permukaannya bersdt tajam ("berduri", krn itu dsbt "durian", walaupun ini bkn duri dlm pengertian botani), berwarna hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.

Buah brkmbng stlh pembuahan dan memerlukan 4-6 bulan untk pemasakan. Pd masa pemasakan terjadi persaingan antar buah pd satu kelompok, shgg hanya satu ataubeberapa buah yg akan mncp kematangan, &\dan sisanya gugur. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mncp 1,5 hgg 5 kilogram, shgg kebun durian menjadi kawasan yangberbahaya pd masa msm durian. Apabila jth di ats kpl seorg, buah durian dpt mnybbkn cdr berat / bhkn kematian.

Stp buah memiliki lima ruang (awam menyebutnya "kamar"), yg mnjkn banyaknya daun buah yang dimiliki. Msng-msng ruangan terisi oleh bbrp bj, biasanya tiga butir atau lbh, lonjong hingga 4 cm pnjngnya, dan brwrn merah muda kecoklatan mengkilap. Bj trbngks olh arilus (salut biji), yang biasa disebut sebagai "daging buah" durian) brwrn putih hngg kuning terang dengan ktbln yang bervariasi, nmn pada kultivar unggul ktbln arilus ini dapat mencapai 3 cm. Bj dengan salut biji dlm perdagangan dsbt ponggè. Pemuliaan durian diarhkn untk menghasilkan biji yg kcl dg salut biji yang tebal, krn salut biji inilah bgn yang dimakan. Beberapa varietas unggul menghasilkan buah dg biji yg tidak berkembang namun dg salut biji tbl (dsbt "sukun")


Durian sngt beraneka ragam. Sebagaimana dsbt di mk, bbrp spesies sln durian benar (D. zibethinus) jg dianggap sebaga durian. Di Indonesia tercatat ada 20 jenis anggt Durio (dr hmpr30-an jns), sembilan di antaranya dapat dimakan.[3][7] Durian yg benar pun memilik bnyk variasi. Lembaga penelitian di Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah mrls brbg kultivar durian unggul. Selain itu trdpt pl ras-ras lokal yg dikenal baik nmn blm mnglm thp slks untk meningkatkan  kualitasnya.

 


 
2019-03-10 12:31:08 * 2019-03-10 11:59:19

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian | 1 buah durian berapa kg adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian | 1 buah durian berapa kg"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit