Kurma (pohon) | gambar pohon kurma

Kurma (pohon) | gambar pohon kurma



Gambar untuk Kurma (pohon) + gambar pohon kurmaKurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripKurma, (Arab: تمر , Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan Walaupun  Tips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah ► 5:08 youtube watch?v=vK9sqRuvWU012 Okt 2017 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTips Jitu Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia Agar Berbuah Lebat HAsil Palm Pohon Kurma Naungan Foto gratis di Pixabay pixabay id palm pohon kurma naungan pohon 320831 CacheUnduh gambar gratis tentang Palm Pohon Kurma Naungan dari perpustakaan Pixabay yang sangat banyak berupa gambar gambar dan video Bibit Biji Pohon KURMA ACEH Beranda | Facebook id id facebook pohonkurmaaceh Pohon kurma memang benar benar terbukti kokoh pada cuaca ekstrim Foto diatas saya ambil 6 hari pasca Gempa, Tsunami dan Likuifaksi di Palu dan  (DOC) SCRIPT ANIMASI KURMA | nizam aulia Academia edu academia edu 28518840 SCRIPT_ANIMASI_KURMACacheScene 2 Gambar Pohon Kurma Sekilas pohon kurma mirip dengan palem, itu karena keduanya berasal dari genus yang sama yaitu, Phoenix Memiliki tinggi  Ingin Kembali Berjaya, Negara Ini Tanam 70 Ribu Pohon Kurma dream co id irak tanam 70 ribu pohon kurma 180629e htmlCacheNews | Jumat, 29 Juni 2018 17:00 Ingin Kembali Berjaya, Negara Ini Tanam 70 Ribu Pohon Kurma Pohon Kurma (Foto: Shutterstock ) 63: SHARES Ingin Punya Pohon Kurma di Rumah, Ini Cara Sederhana bogor tribunnews ingin punya pohon kurma di rumah ini cara sederhana menanamnyaCacheMirip14 Jun 2016 Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar dua sampai dua setemgah senti meter Kisah Pohon Kurma yang Menangis | Republika Online khazanah republika co id kisah pohon kurma yang menangisCache8 Feb 2019 Pohon kurma Foto: Antara Setelah dipeluk Rasulullah, tangisnya pun berhenti REPUBLIKA CO ID, JAKARTA Pada suatu Jumat, warga  Wow! Kurma Umur 20 Bulan Berbuah di Indonesia oleh Imam kompasiana wow kurma umur 20 bulan berbuah di indonesiaCache27 Sep 2018 Lima tandan buah kurma tampak menjuntai dari satu pohon kurma varietas KL 1 betina yang tumbuh Kurma KL 1 yang berbuah di kebun litbang IDPA Riau itu lebih genjah dibandingkan (Foto: Koleksi Alwi Rahmatullah)

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Aceh, Jambi, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Papua, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah gambar pohon kurma di Labuhanbatu, Kota Batu, Jakarta Selatan, Kab. Rote Ndao, Poso, Jakarta Selatan, Kab. Sukoharjo, Bungo, Kab. Sekadau, Pakpak Bharat, Pidie Jaya, Natuna, Jakarta Timur, Keerom,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | gambar pohon kurma di Kec. Mangunreja, Kec. Bringin, Kec. Kota Kudus, Kec. Sumbersari, Kec. Purbalingga, Kec. Plandaan, Kec. Mranggen, Kec. Nabire, Kec. Cluring, Kec. Cikatomas, Kec. Kelumpang Hulu, Kec. Kuala, Kec. Balapulang, Kec. Manonjaya, Kec. Cimalaka, Kec. Banjarnegara, Kec. Cicalengka, Kec. IV Koto Aur Malintang, Kec. Siabu, Kec. Semende Darat Laut

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dlm genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Wlpn tmpt asalnya tdk dikth karena tlh sjk lama dibudidayakan, kemungkinan tumbuhan ini berasal dr tanah sktr Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tngg sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 meter, dengan duri pada tangkai daun, menyirip & memiliki sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 m.

Etimologi
Nama jenis dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] & batang dari kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma telah mnjd mknn pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Tanaman Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia & tlh dibddykn sejak zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat mnjd anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman slnjtnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diprknlkn di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd tahun 1765.

Buah
Buah yg dihasilkan oleh tanaman kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm , berdiameter 2-3 cm danktk msh muda wrnnya merah cerah ke kuning trng, tergantung dari jnsnya. Kurma mempunyai biji tunggal yg ukuran pnjngnya sktr 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma diklmpkn menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Spesies buah ini tergantung pd kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Pohon kurma mrpkn pohon spesies dioecious, yaitu memiliki pohon jantan dan betina yg hidup secara terpisah. Mereka dapat tumbuh dg mdh dari bakal biji, tetapi hanya 50% tumbuhan betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, dan mnghslkn buah yang kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn menggunakan perkmbngbkn stek pd tanaman, terutama pada kultivar 'Medjool' krn bisa menghasilkan panen yang banyak srt buah yg manis dan besar. Pohon yang tmbh dr cara stek akan berbuah 2-3 tahun lbh awal daripada tumbuhan yg menggunakan bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pd tumbuhan kurma dilkkn secara alami oleh angin tetapi pd perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pd tumbuhan jantan dan betina, dapat terjadi dg jumlah yang sama antara kedua pohon. Namun, bila dilakukan dg bantuan, satu tumbuhan jantan bisa menyerbuki hingga 100 tanaman betina. Tumbuhan jantan yang merupakan sbg penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untk memproduksi lbh banyak buah pada tumbuhan betina.

Beberapa petani bahkan tdk memelihara tanaman jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pada saat waktu penyerbukan. Pnyrbkn manual dikrjkn oleh pkrj trmpl dg menggunakan bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di beberapa daerah sprt Irak, para pkrj mmnjt tanaman dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dmn alat tersebut mengitari batang pohon dan pendaki membuatnya tetap melekat pd bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari bisa diterbangkan ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dibagi menjadi empat glngn, yg mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 g kurma segar dapat mengandung smbr vitamin C[butuh rujukan] & energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tidak menjadikannya jauh lebih pekat pd saat proses pngrngn brlngsng, mskpn vitamin C-nya akanhlng.

Kurma merupakan pohon tradisional yg penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adalah mknn tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) jg dibudidayakan di Amerika Serikat pdbgn selatanCalifornia, Arizona dan bgn selatan Florida.

Pohon kurma dapat berbuah stlh ditnm slm 4 smp 7 tahun & bisa dipanen ketika tlh berusia 7 sampai 10 thn. Tumbuhan kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mndptkn buah yang berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan dan dibngks atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk dan kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untuk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga dapat dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis dan gurih mulai dr tajines (untuk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yg digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga bisa dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma & lada ditambahkan ke dalam bir asli yang diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak dan dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adl sumber yg sangat baik untuk diet kalium. Kndngn gula pada kurma yg telah matang sekitar 80%; sisanya trdr dr protein, serat, & elemen termasuk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, & seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, dan Pantai Gading, pohon kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yang dikonversi menjadi gula kelapa (yg dikenal sbg jaggery atau gur), sirup gula atau mnmn beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr pnydpn tumbuhan palma diknl sbg lagbi. Jika dibiarkan untk jangka waktu yg cukup lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dengan mudah dapat mnjd minuman beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pd saat penyadapan pohon palma sehingga tidak mati.

Di bgn Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada termasuk UNESCO dilindungi Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disajikan terbungkus pada daging babi asap & shallow goreng.

Itu jg digunakan untk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma tersebut direndam dr bwh ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk dgnkn dlm bntk sabun & kosmetik. Mereka juga bisa diolah scr kimia sbg sumber asam oksalat. Benih-benihnya juga dibakar untk membuat arang oleh pandai perak dan bisa dirngk mnjd kalung. Biji kurma jg tanah dan dgnkn pada olahan bj kopi atau sbg bahan tambahan untuk kopi.

Tandan buah yang tlh dipreteli dapat dgnkn sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dari buah yg matang digunakan sbg plps untk tas kulit & pipa untk mencegah kebocoran.

Getah pohon kurma bisa digunakan untuk membuat sirup &berbagai produk dapat dimakan berasal dr sirup.

Daun tumbuhan kurma digunakan untuk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untuk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat mnjd tikar, layar, keranjang dan kipas. Daun yg diolah dapat dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yg merupakan sumber ampas selulosa dapat dijadikan sbg tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yg berharga mnglrkn aroma srt seratnya jg dapat digunakan sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sbg lulav.

Kayu kayu pohon kurma digunakan untk tiang & langit-langit pd pondok, karena lbh ringan dr kelapa dan tdk begitu thn lama. Kayu jg dgnkn untuk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bhn bakar.

Dimana tradisi kerajinan masih berkembang, sprt di Oman, tanaman palem adl yg paling srb guna dr semua tumbuhan asli, dan hmpr setiap bgn dari tumbuhan dgnkn untk membuat barang-barang fungsional mulai dari tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, dan tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kandungan tannin yang tinggi & secara medis digunakan sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pada usus yg bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat diberikan untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sjmlh keluhan lainnya dalam bentuk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu keyakinan tradisional mngtkn bhw kurma bisa mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk bj juga digunakan dlm bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yang dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untk mengobati diare & penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan mlwn sakitgigi. Serbuk sari mnghslkn sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-28 5:21:15 * 2019-03-28 05:10:15

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | gambar pohon kurma adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | gambar pohon kurma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit