Durian lomba makan buah durian

12:06:01 Durian adl nama tmbhan tropis ygberasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya ygbs dimakan. Nama ini diambil drciri khas kulit buahnya yg keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durianadl buah yang kontroversial, mskpnbnyk orgyg menyukainya, nmn sebagian yg lain malah muak dg aromanya.
Sesungguhnya, tumbuhan} dg nm durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun, yg dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adl Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yg dpt dikonsumsi dan kdngkl ditemukan di pasar tempatnya di Asia Tenggara di antaranya adalah lai(D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura /atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bwh ini mengacu kpd D. zibethinus.
Trdpt bnyk nm lokal. Nm terbnyk dijumpai di Kalimantan, yg mengacu pada berbagai varietas & spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sbg duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) & kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera diknl sbg durian &duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, org Manado menyebutnya duriang, smtr orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa dsbt sebagai Doriang. Di Pulau Seram bgn timur dsbt rulen.
Pst keanekaragaman durian adalah Pulau Kalimantan.[butuh rujukan] Daerah-daerah sktrny juga memiliki bbrp plasma nutfah durian, seperti Mindanao, Sumatera, dan Semenanjung Malaya meskipun tidak semelimpah Kalimantan. Mskpn dmkn, pengekspor utama durian adl Thailand, yang mampu mengembangkan kultivar dg mutu tinggi dan sistem budidaya yang baik. Tempat lain yg mmbddykndurian dengan ornts ekspradl Mindanao di Filipina,Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, & Sri Lanka.
Di Filipina, pst pnghsl durian adl di daerah Davao di Pulau Mindanao. Festival Kadayawamerupakan perayaan tahunan untuk durian di Davao City.
Pohon tahunan, hijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) ttp ada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun br (periode flushing /atau peronaan) yang terjadi setelah masa berbuah selesai. Tumbuh tinggi dpt mencapai ketinggian 25–50 m tergantung spesiesnya,[3] pohon durian srg mempunyai banir (akar papan). Pepagan (klt batang) brwrn coklat kemerahan, mengelupas tak brtrn. Tajuknya rindang dan renggang.
Daun brbntk jorong hingga lanset, 10-15(-17) cm × 3-4,5(-12,5) cm; terletak berseling; bertangkai; berpangkal lancip / tumpul dan berujung lncp melandai; sisi atas berwarna hijau trng, sisi bawah tertutup sisik-sisik berwarna perak / keemasan dg bulu-bulu bintang.
Bunga (jg buahnya) muncul lngsng dr batang (cauliflorous) / cabang-cabang ygtua di bgn pngkl (proximal), berkelompok dalam karangan berisi 3-10 kntm berbentuk tukal / malai rata. Kuncup bunganya [mmblt|membulat}, sekitar2 cm diameternya, brtngk [pnjng|panjang]. [Klpk|Kelopak} bunga bntk tabung sepanjang lk. 3 cm, daun kelopak tmbhn berbentuk bundar telur. Mahkota bentuk sudip, [kr|kira-kira} 2× pnjg klpk, berjumlah 5 helai, keputih-putihan. Benang sarinya banyak, trbg ke dalam 5 berkas; kpl putiknya mmbntk bongkol, dg tangkai yg berbulu.[4] Bunga mncl darikuncup dorman, mekar pada sore hari & brthn hngg beberapa hari. Pd siang hari bunga menutup. Bunga ini menyebarkan aroma wangi yg brsl dari kelenjar nektar di bgn pangkalnya untuk mnrk prhtn kelelawar sebagai penyerbuk utamanya. Kajian di Malaysia pada thn 1970-an menunjukkan bhw penyerbuk durian adalah kelelawar Eonycteris spelaea. Penelitian tahun1996 lbh jauh menunjukkan [bhw|bahwa} hwn lain, seperti burung madu Nectariniidae dan lebah trt serta dlm penyerbukan tiga kerabat durian lainnya. Buah durian bertipe kapsul brbntk bulat, bulat telur hingga lonjong, dengan pnjng hingga 25 cm dan diameter hngg 20 cm.[4] Kulit buahnya tebal, permukaannya bersudut tajam ("berduri", karena itu dsbt "durian", wlpn ini bukan duri dalam pengertian botani), bwrn hijau kekuning-kuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.
Buah berkembang setelah pembuahan dan memerlukan 4-6 bln untk pemasakan. Pada ms pemasakan terjadi persaingan antar buah pada satu kelompok, sehingga hanya satu ataubbrp buah yang akn mencapai kematangan, &\dan sisanya gugur. Buah akan jatuh sendiri apabila masak. Pada umumnya berat buah durian dapat mencapai 1,5 hingga 5 kilogram, sehingga kebun durian menjadi kwsn ygberbahaya padams msm durian. Apabila jatuh di atas kpl seorg, buah durian dpt menyebabkan cdr berat / bhkn kematian.
Setiap buah memiliki lima ruang (awam mnybtnya "kamar"), yg mnjkn banyaknya daun buah yang dimiliki. Msng-msng rngn terisi oleh beberapa bj, biasanya tiga butir atau lebi, lonjong hingga 4 cm panjangnya, dan berwarna merah muda kecoklatan mengkilap. Bj trbngks oleh arilus (salut biji), yang biasa dsbt sbg "daging buah" durian) brwrn putih hingga knng terang dg ketebalan yg bervariasi, namun pd kultivar unggul ketebalan arilus ini dpt mncp 3 cm. Bj dengan salut bj dalam perdagangan dsbt ponggè. Pemuliaan durian diarhkn untk menghasilkan bj yg kecil dg salut bj yg tebal, krn salut biji inilah bgn yg dimkn. Beberapa varietas unggl mnghslkn buah dg bj yang tidak brkmbng nmn dengan salut bj tbl (disebut "sukun")
Durian sngt beraneka ragam. Sbgmn disebut di mk, bbrp spesies sln durian bnr (D. zibethinus) juga dianggp sbg durian. Di Indonesia trctt ada 20 spesies anggota Durio (dr hampir30-an jns), sembilan di antaranya dpt dimakan.[3][7] Durian yg bnr pun memilik bnyk variasi. Lmbg penelitian di Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah merilis berbagai kultivar durian unggl. Selain itu trdpt pula ras-ras lkl yg dknl baik namun blm mnglm tahap slks untuk meningkatkan kualitasnya.



Tag Durian lomba makan buah durian

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Durian lomba makan buah durian adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Durian lomba makan buah durian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit