Kepel makan buah kepel

14:03:02 Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah tumbuhan penghasil buah hdngn meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta dan di Tanah Pasundan yg juga dikenal sebagai Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy mnybbkn keringat beraroma wangi dan membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mncp 25 m. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dengan percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40cm,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yang scr khas tertutup oleh bnyk benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bentuk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) centmeter, brwrn hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula brwrn hijau kmdn berubah menjadi keputih-putihan, muncul pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yang lebih tua, berkmpl sebanyak 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 centmeter; bunga betinanya hanya berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 cm. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mencapai 8 cm; daun buah yang masak hamper bulat bntknya, brwrn kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya brwrn coklat, berisi sari buah, dpt dimkn. Bijinyabrbntk menjorong, brjmlh 4-6 butir, panjangnya sktr 3 cm, berat segar 62-105 g, srt bagian yg dapat dimakan sebanyak 49% dan bijinya 27% dari berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yang matang dimakan dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yg brwrn jingga & mngndng sari buah itu mmbrkn aroma sprt bunga mawar bercampur buah sawo pd ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, & napas). dlm pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagaipeluruh kencing, mncgh radang ginjal & menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jd, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sbgparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untk perkakas rumah tangga; batangnya yg lurus setelah direndam bbrp bln dalam air, digunakan untk bahan bangunan rumah &dibrtkn tahan lebih dr 50 tahun. Kepel mrpkn tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yang muncul secara serentak brbh dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sblm brbh lagi menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yg tersusun secara sistematik, & sifatnya yang kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tumbuh liar pada tanah lembap & dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibddykn sbg tanaman buah pada ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dpt tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yang di tempat itu tanaman-tanaman lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr bj yang diambil dari buah matang & disemaikan scptnya. Penyetekan dan pencangkokan sudah pernah dicoba, tetapi tidak berhasil. Benihnya dibersihkan dengan jalan dicuci & dikeringkan di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, tetapi prkcmbhnnya msh membutuhkan wkt beberapa bln. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi jg. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tdk bercabang untk bbrp wkt. Mula-mula semai itu tmbh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot.Ktk tingginya mncp 0,5-1,0 meter bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jrk tanam 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) brlngsng selama 6-9 tahun.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama dan penyakit yg brbhy, tetapi pohonnya hrs dijaga dr serangan kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap matang bila digores kulitnya trlht bagian bwhnya brwrn kuning atau coklat muda (jika berwarna hijau, buah masih blm matang). untuk menjaga kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bulan sblm dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dalam keranjang atau karung & hndknya diprlkkn dengan hati-hati; buah kepel dpt bertahan disimpan 2-3 minggu pd suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Prabumulih Kab. Wonogiri Muaro Jambi Tangerang Selatan Kab. Banjarnegara Muaro Jambi Minahasa Sigi Banda Aceh Kab. Kudus Yahukimo Minahasa Balikpapan Maluku Tengah

Dan Kec lainnya Kec. Sooko Kec. Batealit Kec. Sawangan Kec. Ratu Samban Kec. Moncongloe Kec. Indihiang Kec. Kuala Kec. Bonai Darussalam Kec. Tamalate Kec. Bobotsari Kec. Deli Tua Kec. IV Koto Aur Malintang Kec. Pilangkenceng Kec. Sidoharjo Kec. Imogiri Kec. Trisi Kec. Tanjung Priok Kec. Bawen Kec. Lagu Boti Kec. Simpur

Tag Kepel makan buah kepel

Tag search: makan buah kepel Kepel .Tutorial Makan Buah KEPEL BURAHOL YouTube watch20171109 Tutorial Makan Buah KEPEL BURAHOL 12M views PANEN BUAH SI MANGGIS Trukm 215Paskelbta 20171109makan buah kepel YouTube watch20190316 Jokowi Beri Putri Denada Buah Naga Kuning Harganya Fantastis Duration 2 38 Isu Trukm 258Paskelbta 20190316Tutorial Makan buah Kepel Burahol di Pantai Gemah YouTube watch20180301 Edelweiss Indah Melekat Abadi Minggu 25 Februari 2018Trukm 122Paskelbta 20180301Cara makan BUAH KEPEL YouTube watch20191127 Cara makan BUAH KEPEL Nov i Loading Unsubscribe from Nov i Cancel Trukm 228Paskelbta 20191127Kitab Tumbuhan Obat booksThomson kepel fruit Piper retrofractum Vahl Nama Daerah Kepel kecindul simpol cindul Jawa burahol turalak Makan buah yang sudah masak 2Bukan Sawo lo ini 8 Manfaat Buah Kepel yang Tumbuhnya di tips manfaatbuatkepelPernah dengar yang namanya buah kepel Buah yang sekilas mirip sawo ini dulunya dianggap sebagai tanaman khas di kalangan ningrat Jawa lantaranKumpulan Artikel Cara Makan Buah Kepel Hipwee tag caramakanbuahkepelTag cara makan buah kepel Featured Image Bukan Sawo lo ini 8 Manfaat Buah Kepel yang Tumbuhnya di Batang Pohon dan Makin Langka 8 months ago Kamus Bahasa Indonesia Lengkap Praktis bookskenyam mengenyam v mengecap makanan merasai menikmati kenyang a edule kepel n suatu pohon Stelechocarpus burahol buah kepel kepeng nTaman Kyai Langgeng makan buah kepel yang banyak terdapat di Magelang Things to Do in MagelangKyai Langgeng


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel makan buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel makan buah kepel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit