Sengon atau Albasia budidaya tanaman sengon

0:51:01 Sengon (Albizia chinensis) adl sejenis tanaman anggt suku Fabaceae. Tumbuhan peneduh dan penghasil kayu ini [tersbr|tersebar} secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, & Indonesia.[3]
Di bbrp daerah, tanaman ini diknl sbg séngon, singon, sengon jåwå (Jw.); jeungjing, jeungjing sunda (Sd.);séngghung (Md.; marewita, keura Sumba[4], dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris dikenal sbg silk tree, Chinese albizia; di samping itu, pohon ini juga dinamai: kool (Kamboja), kha:ng (Laos), khang hung, kang luang (Thai), cham (Vietnam), dan lain-lain[3].

Pengenalan
Tanaman yang menggugurkan daun; berukuran sedang hingga tinggi, 30–45 m, & gemang batangnya 70(–140) cm. Pepagan agahalus, di luarnya abu-abu gelap, dg gigir-gigir melintang, berlentisel, tipis; pepagan bgn dalam setbl 5 mm, merah jambon. Ranting-ranting md bersegi dan berambut.[3]

Daun-daun majemuk menyirip berganda, dg 4–14 pasang sirip; tulang daun utm 10–25 cm, berambut, dengan kelenjar dkt pangkal tangkai daun & pada pertmn tulang sirip[3]. Daun penumpu besar, bundar telur miring dengan pangkal yg stngh berbntk jantung, sprt membran, dengan ekor di ujungnya; lekas rontok [5][6] . Sirip-sirip 4–14 cm pnjngnya, dengan 10–45 anak daun per sirip, duduk, berhadapan[3]. Anak daun memnjng sampai bentuk garis, dengan ujung runcing, mrng, sisi bwh hijau biru, 6–13 × 1,5–4 mm, tulang daun tengah sngt dekat dg tepi atas[6].

Bunga majemuk berbentuk bongkol yang bertangkai, yang terkmpl lg mnjd malaiyang panjangnya 15–30 centimeter[6]. Bongkol berisi 10–20 kuntum bunga[5]. Bunga berbilangan-5; dg kelopak bergigi, tinggi lk 4mm, berambut; tabung mahkota bentuk corong, kuning hijau, tinggi lk 7 millimeter, berambut[6]. Benang sari 10 atau lebih, pnjng lk 3 cm, putih, di atas hijau, pangkalnya menyatu mmbntk tabung, yang krng lbh setinggi mahkota[6]. Buah polong panjang 10–18 centimeter × 2–3,5 cm, tidak membuka, patah-patah tidak teratur[6]. Biji pipih, jorong, 7 × 4–5 mm[5][6].

Ekologi
Sengon ditemukan scr alami di hutan luruh daun campuran di wilayah lembab dan ugahari, dg crh hujan antara 1.000–5.000 mm pertahun. Pohon ini didpt pula di hutan-hutan sekunder, di spnjng tepian sungai, & di sabana, hngg ketinggian 1.800 meter dpl. Sengon beradpts dengan baik pada tanah-tanah miskin, ber-pH tinggi, atau yg mengandung garam; juga tumbuh baik di tanah aluvial lateritik & tanah berpasir bekas tambang.[7]
Sebaran alami sengon mlpt India, Burma, Thailand, Kamboja, Laos, Cina, Vietnam, dan Indonesia; diintroduksi ke Australia. Di Indonesia, sengon mnybr di Jawa, Bali, & Nusa Tenggara; dibw masuk & dibudidayakan di Sumatra dan Kalimantan.[7]

Manfaat
Kayu

Sengon menghasilkan kayu yang ringan smp agak ringan, dg densitas 320–640 kg/m³ pada kadar air 15%[8]. Agak padat, berserat lurus dan agak kasar, namun mudah dikrjkn. Kayu terasnya kuning mengkilap sampai cokelat-merah-gading; kekuatan & keawetannya diglngkn ke dalam kls kuat III–IV dan kelas awet III–IV.[4] Kayu ini tdk diserang rayap tanah, karena adanya kandungan zat ekstraktif di dlm kayunya[3]. Akan ttp percobaan kuburan di Filipina mendapatkan bhw kayu sengonA. chinensis hanya bertahan 16 bln, smntr kayu langir A. saponaria tahan hngg 3 tahun dan kayu weru A. procera bhkn mncp 10 tahun[8].

Kayu sengon biasa dimanfaatka untk membuat peti, perahu, ramuan rumah dan jembatan[4]. Di Sabah, kayu A. chinensis diperdagangkan sebagai kayu ‘batai’, dlm cmprn brsm kayu-kayu A. pedicellata & Paraserianthes falcataria[8].

Agroforestri
Di perkebunan-perkebunan kopi dan teh, A. chinensis kerap ditanamsebagai naungan; khususnya dlm campuran brsm jeunjing (P. falcataria) dan dadap(Erythrina spp.). Sengon disukai sbg tnmn hias & peneduh taman, kebun, & tepi jln. Tanaman ini juga ditanam untuk melindungi lahan berlereng serta untk memperbaiki tanah.[3] Perakaran sengon bersft mengikat nitrogen[7].
Kegunaan lain

Sebagaimana kulit kayu ki hiang, pepagan sengon mengandung bahan yg dapat digunakan untuk membius ikan di sungai. Pepagan ini pd masa lalujuga dimnftkn sbg bahan sabun.[4]

Mskpn daun-daunnya dimkn kambing, akan ttp kulit ranting-rantingnya beracun karenamngndng saponin.[3]

Jenis serupa
Perawakan dan kayu Paraserianthes falcataria sedikit banyak serupa dg pohon & kayu sengon, sehingga nama-nmnya acap diprtkrkn. Oleh orangJawa, P. falcataria —yang asalnya dr Maluku — disebut dengan nama sengon laut, sengon sabrang, atau sengon landi.



Tag Sengon atau Albasia budidaya tanaman sengon

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Sengon atau Albasia budidaya tanaman sengon adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Sengon atau Albasia budidaya tanaman sengon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit