Kepel | buah kepel bisa dimakan

Kepel | buah kepel bisa dimakan

 

Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adl pohon pnghsl buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yg jg diknl sbg Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn diprcy mnybbkn keringat beraroma wangi & membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian

Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mncp 25 meter. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dengan percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yang secara khas tertutup oleh banyak benjolan yang besar-besar. Daunnya berbentuk lonjong-jorong smp bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) centmeter  × (5-9) cm, brwrn  hijau gelap, tidak berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna  hijau kemudian berubah menjadi keputih-putihan, muncul pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas & di cabang-cabang yang lebih tua, berkumpul sebanyak 8-16 kuntum, diameternya mencapai 1 centmeter; bunga betinanya hanya berada di pangkal batang, diameternya mencapai 3 centmeter. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mncp 8 centmeter; daun buah yg matang hamper bulat bentuknya, brwrn  kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna  coklat, berisi sari buah, dpt dimakan. Bijinya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, pnjngnya sekitar 3 centmeter, berat segar 62-105 gram, srt bagian yg dapat dimkn sbnyk 49% dan bijinya 27% dari berat buah segar.

Manfaat

Buahnya yg matang dimkn dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna  jingga & mengandung sari buah itu memberikan aroma sprt bunga mawar brcmpr buah sawo pd ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, & napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfngs sbgpeluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pd wanita. Jadi, kepel ini oleh pr wanita bangsawan digunakan sebagaiparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di Kesultanan YogyakartaKayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bulan dalam air, dgnkn untk bhn bangunan rumah dandibrtkn tahan lebih dari 50 tahun. Kepel mrpkn tanaman hias pohon yg indah, daunnya yang mncl secara serentak berubah dr merah muda pucat menjadi merah keunguan sblm brbh lagi mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yg tersusun scr sistematik, & sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh

Kepel tumbuh liar pada tanah lembap dan dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sebagai tanaman buah pd ketinggian mncp 600 m dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dpt tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tmpt itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diprbnyk dr biji yg diambil dari buah masak dan disemaikan scptnya. Penyetekan dan pencangkokan sdh pernah dicb, ttp tdk brhsl. Benihnya dibersihkan dengan jln dicuci & dikeringkan di tempat teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, tetapi prkcmbhnnya masih membutuhkan waktu beberapa bln. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi jg. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tidak brcbng untk beberapa wkt. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mencapai 0,5-1,0 meter bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jrk tnm 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phasejuvenile phase) brlngsng selama 6-9 thn.

Pemeliharaan

Hama dan Penyakit

Belum ada laporan mengenai hama dan penyakit yang brbhy, tetapi pohonnya hrs dijaga dr srngn kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen

Buah kepel dianggap masak bl digores kulitnya terlihat bgn bwhnya berwarna  kuning atau coklat muda (jika brwrn  hijau, buah masih belum masak). untk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sebelum dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung dan hndknya diperlakukan dengan hati-hati; buah kepel dpt bertahan dismpn 2-3 minggu pd suhu ruang

 

2019-03-10 23:52:08 * 2019-03-10 21:15:02

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel | buah kepel bisa dimakan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel | buah kepel bisa dimakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit