Kurma (pohon) | pohon kurma berbuah

Kurma (pohon) | pohon kurma berbuah



Gambar untuk Kurma (pohon) + pohon kurma berbuahKurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripPohon kurma dapat berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 tahun dan bisa dipanen ketika telah berusia 7 sampai 10 tahun Pohon kurma yang telah  Pohon Kurma Masjid Al Barkah Bekasi yang Selalu Berbuah Saat kumparan pohon kurma masjid al barkah bekasi yang selalu berbuah saat ramadhanCache25 Mei 2018 Sejak 4 tahun yang lalu, hamparan pohon kurma di halaman Masjid Al Barkah, Bekasi Selatan, senantiasa berbuah jelang bulan suci  Kebun Pohon Kurma Berbuah Dengan Jarak Tanam Pendek Rasa â–º 4:38 youtube watch?v=9aaUXXEP hI11 Feb 2019 5 menit Diupload oleh Bibit Buahku dot compohon kurma kebun kurma kurma berbuah kebun kurma thailand kebun kurma Kurma Berbuah di Bogor Indonesia YouTubeâ–º 2:51 youtube watch?v=_z3FRAOPnoY11 Mar 2018 3 menit Diupload oleh Kurma TvKurma ini adalah hasil rekayasa tim riset Kampoeng Kurma yang Tips Jitu Cara "Amazing", Kurma Berbuah Lebat di Indonesia oleh Abbaz Sukarno kompasiana amazing kurma berbuah lebat di indonesiaCache29 Nov 2018 Siapa sangka, pohon kurma yang awalnya didatangkan untuk agrowisata ternyata kini berbuah Tak hanya berbuah namun juga lebat Wow! Kurma Umur 20 Bulan Berbuah di Indonesia oleh Imam kompasiana wow kurma umur 20 bulan berbuah di indonesiaCache27 Sep 2018 Lima tandan buah kurma tampak menjuntai dari satu pohon kurma varietas KL 1 betina yang tumbuh di kebun penelitian dan pengembangan  Ternyata Pohon Kurma Bisa Tumbuh & Berbuah di Sumut : Okezone news okezone ternyata pohon kurma bisa tumbuh berbuah di sumutCache22 Jul 2018 Unik memang sebatang kurma tumbuh di Desa Pangaribuan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tapsel Sumutnbsp  Kebun Kurma Kini Hijaukan Aceh, Siap Panen Mei 2018 detikNews news detik kebun kurma kini hijaukan aceh siap panen mei 2018Cache14 Mar 2018 "Yang berbuah itu bibit kurma betina Tanam pohon kurma ini sebenarnya tidak ribet karena pohon kurma ini juga tahan kering dan dapat  Menengok Salah Satu Kebun Kurma di Bangkok, Thailand â€" Balai balitka litbang pertanian go id menengok salah satu kebun kurma di bangkok thailand ? Cache29 Ags 2018 Sebanyak 30O pohon dari total 600 pohon sudah berbuah Hanya ada dua varietas kurma yairu KL 1 dan Barhee dengan variasi umur 2 â€" 4 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Sulawesi Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Maluku, Sulawesi Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, DKI Jakarta

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon kurma berbuah di Banjarmasin, Pesisir Selatan, Kota Serang, Katingan, Padang Lawas, Kota Serang, Serdang Bedagai, Bangka Selatan, Konawe Selatan, Kab. Madiun, Langsa, Kepulauan Talaud, Kab. Belu, Kab. Kubu Raya,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | pohon kurma berbuah di Kec. Jumantono, Kec. Gadingrejo, Sungai Kunyit, Kec. Lumbis, Kec. Sukamaju, Kec. Jatiasih, Kec. Sorkam, Kec. Karangmalang, Kec. Pesanggaran, Kec. Pengadegan, Kec. Kokas, Kec. Tembarak, Kec. Parungkuda, Kec. Sipoholon, Kec. Guguk, Kec. Barat, Kec. Kiarapedes, Kec. Bojong, Kec. Lotu, Kec. Situbondo

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adl tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Wlpn tmpt asalnya tidak dikth krn telah sjk lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sktr 15-25 meter, tmbh scr tunggal atau mmbntk rumpun pd sejumlah batang dari sebuah sstm akar tunggal. Daunnya mempunyai panjang 3-5 meter, dengan duri pd tangkai daun, menyirip & mempunyai sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm & lebar 2 centimeter . Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Etimologi
Nm jenis dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh mnjd makanan pokok di Timur Tengah slm ribuan tahun lamanya. Tanaman Kurma diyakini berasal dari sktr Teluk Persia dan tlh dibudidayakan sjk zaman kuno dr Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno mnggnkn buahnya untuk dibuat mnjd anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bkt arkeologi budidaya kurma di bgn Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkan luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pd thn 1765.

Buah
Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma.[4] Bntk buahnya lonjong-silinder dg panjang 3-7 cm , berdiameter 2-3 cm &ktk msh muda wrnnya merah cerah ke kuning terang, tergantung dr jnsnya. Kurma memiliki biji tunggal yg ukuran panjangnya sktr 2-2,5 cm & tebalnya 6-8 mm. Buah kurma diklmpkn mnjd tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Jenis buah ini trgntng pd kndngn glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Tanaman kurma merupakan tumbuhan jenis dioecious, yaitu memiliki pohon jantan & betina yg hidup scr terpisah. Mereka dapat tmbh dg mdh dari bakal biji, ttp hanya 50% tumbuhan betina yang ditnm secara pembibitan akan berbuah, dan mnghslkn buah yang kecil srt berkualitas rendah. Sbgn besar prkbnn menggunakan perkembangbiakan stek pada tanaman, terutama pd kultivar 'Medjool' karena bisa mnghslkn panen yg banyak srt buah yang manis dan besar. Pohon yang tmbh dr cara stek akan berbuah 2-3 thn lebih awal daripada tumbuhan yang menggunakan bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pada tanaman kurma dilkkn scr alami oleh angin tetapi pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilkkn secara manual. Penyerbukan alami pd tanaman jantan & betina, bisa terjadi dg jmlh yg sama antara kedua tanaman. Namun, bila dilkkn dg bantuan, satu tanaman jantan bisa mnyrbk hngg 100 tumbuhan betina. Tumbuhan jantan yang mrpkn sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untk memproduksi lebih bnyk buah pada tumbuhan betina.

Beberapa petani bhkn tdk memelihara pohon jantan, yg mana sbg bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pkrj trmpl dengan mnggnkn bantuan tangga untk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pekerja mmnjt tumbuhan dengan mnggnkn alat pemanjat khusus, dimana alat tersebut mengitari batang pohon & pendaki membuatnya tetap mlkt pada bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma matang dibagi mnjd empat golongan, yang mana diknl di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Setiap 100 gram kurma segar dapat mngndng smbr vitamin C[butuh rujukan] dan energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yg terkandung dlm kurma relatif sedikit dan hal ini tdk mnjdknnya jauh lbh pekat pd saat proses pengeringan berlangsung, meskipun vitamin C-nya akanhilang.

Kurma merupakan pohon tradisional yg pntng di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara smp ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma & yogurt atau susu adl makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool & Deglet Noor) jg dibddykn di Amerika Serikat pdbgn selatanCalifornia, Arizona & bagian selatan Florida.

Tanaman kurma bisa berbuah stlh ditnm slm 4 smp 7 thn & bisa dipanen ketika tlh berusia 7 sampai 10 thn. Tanaman kurma yg telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pd setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yg berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma hrs ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yg dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk & kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong dan digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dari tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yang disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untuk acara-acara khusus & waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk & dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda & anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat tanaman mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pd saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adalah bunga yang paling tersedia untuk dijual & beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pd ikan kering untk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib & Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yang sangat baik untk diet kalium. Kndngn gula pd kurma yang tlh matang sekitar 80%; sisanya terdiri dari protein, serat, & elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yang dikonversi menjadi gula kelapa (yg dikenal sbg jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yg diperoleh dr penyadapan tumbuhan palma diknl sebagai lagbi. Jika dibiarkan untuk jngk wkt yg ckp lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dg mudah bisa mnjd minuman beralkohol. Ktrmpln khusus dibutuhkan pd saat penyadapan tumbuhan palma sehingga tidak mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana prkbnn besar kurma ada trmsk UNESCO dilndng Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dg almondgoreng) disjkn terbungkus pd daging babi asap dan shallow goreng.

Itu juga digunakan untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma tersebut direndam dari bawah ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untuk digunakan dalam bentuk sabun dan kosmetik. Mrk jg dapat diolah scr kimia sbg smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibakar untk membuat arang oleh pandai perak dan dapat dirangkai menjadi kalung. Bj kurma jg tanah & digunakan pd olahan bj kopi atau sbg bhn tmbhn untuk kopi.

Tandan buah yg telah dipreteli dapat digunakan sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dr buah yang matang dgnkn sbg pelapis untk tas kulit dan pipa untuk mncgh kebocoran.

Getah tumbuhan kurma bisa dgnkn untuk membuat sirup &berbagai produk dapat dimkn berasal dari sirup.

Daun tanaman kurma dgnkn untuk Palm Sunday dalam agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya dgnkn untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yang diolah dapat dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn sumber ampas selulosa dapat dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing & bahan bakar. Pelepah daun yg brhrg mnglrkn aroma srt seratnya jg dapat dgnkn sbg tali, kain kasar, & topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma digunakan untk tiang & langit-langit pada pondok, karena lbh ringan dari kelapa & tdk begitu thn lama. Kayu juga dgnkn untk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bagian dari dhows. Sisa kayunya dibkr sbg bahan bakar.

Dimana tradisi kerajinan masih brkmbng, seperti di Oman, tumbuhan palem adalah yg plng serba guna dari semua tanaman asli, dan hmpr setiap bgn dari pohon digunakan untk membuat barang-barang fungsional mulai dr tali & keranjang untk sarang, perahunelayan, dan tempat tnggl tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma memiliki kndngn tannin yang tinggi dan secara medis dgnkn sbg deterjen (mempunyai daya pembersihan) dan astringent pd usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma dapat diberikan untuk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam & sjmlh keluhan lainnya dlm bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mngtkn bahwa kurma dapat mentrlkn keracunan alkohol. Bubuk biji juga digunakan dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang pohon, di India, digunakan untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya digunakan melawan sakitgigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, dan memiliki efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-24 16:25:13 * 2019-03-24 16:10:14

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | pohon kurma berbuah adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | pohon kurma berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit