Pepaya | pohon pepaya hidup di

Pepaya | pohon pepaya hidup di



Pepaya Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki PepayaCacheMiripPepaya memiliki manfaat yang banyak karena pepaya banyak Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang  Kegunaan Pemerian Kultivar pepaya Kultivar Institut Panduan teknis budidaya pepaya | ALAM TANI alamtani budidaya pepaya CachePepaya (Carica papaya) merupakan buah buahan tropis Tanaman ini dipercaya berasal dari daerah tropis di benua Amerika Dari tempat ini menyebar ke  PEREMAJAAN TANAMAN PEPAYA DENGAN PEMANGKASAN balitbu litbang pertanian go id 814 peremajaan tanaman pepaya dengan pemangkasan batangCache13 Okt 2015 Produksi tanaman pepaya yang berumur lebih dari 3 tahun sudah mulai menurun dan tajuk tanaman sangat tinggi sehingga kesulitan pada  Gambar untuk Pepaya + pohon pepaya hidup diCara Menanam Pepaya wikiHow id wikihow Menanam PepayaCachePepaya bertahan hidup di zona zona ketahanan USDA 9 11 yang cocok dengan suhu minimum musim dingin Pohon pepaya tidak cocok di tanah basah Budidaya Menanam Pepaya Dan Penyakitnya Agro Buahagrobuah menanam pepaya dan penyakitnya htmlCacheMirip30 Nov 2012 Budidaya menanam pepaya musim hujan hal yang tidak mudah, rentan terkena serangan penyakit, busuk akar, busuk buah, diakibatkan Ph tanah embuk = uret = Hewan hidup di dalam tanah perusak pemakan akar  Teknis Budidaya Pepaya Berbuah Cepat Agro Buahagrobuah teknis budidaya pepaya berbuah cepat htmlCacheMirip25 Mei 2011 akan menghasilkan pohon pepaya pendek, Pepaya ditanam pada usia sekitar satu minggu atau sudah hidup adaptasi dengan lahan sudah  Agar Tanaman Pepaya California Cepat Berbuah, Lebat dan Kuat warasfarm wordpress membuat tanaman pepaya berbuah lebat CacheMirip2 Jul 2013 Berikut ini tips agar tanaman pepaya anda berbunga atau berbuah dengan lebat: Pastikan tanaman sudah cukup umur dan dalam kondisi  PEPAYA CALIFORNIA pertanian pontianakkota go id detil 5 pepaya california htmlCachePepaya California ini memiliki sifat dan keunggulan tersendiri yaitu buahnya tidak terlalu besar dengan bobot 0,8 â€" 1,5 kg buah, berkulit hijau tebal dan mulus ,  Membuat Tanaman Pepaya Pendek Dan Berbuah Lebat Dengan kabartani membuat tanaman pepaya pendek dan berbuah lebat dengan cara pemangkasan htmlCacheMirip1 Mei 2016 KABARTANI COM Tanaman pepaya yang pendek mempunyai buah lebat, batang tanaman kokoh serta tidak mudah roboh merupakan 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Pepaya di Sulawesi Tengah, Bengkulu, Gorontalo, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Jambi, Lampung

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah pohon pepaya hidup di di Serdang Bedagai, Solok Selatan, Kepulauan Meranti, Sarmi, Halmahera Selatan, Kepulauan Meranti, Kota Kediri, Kota Depok, Palangka Raya, Jakarta Barat, Aceh Besar, Sawahlunto, Kepulauan Aru, Seruyan,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Pepaya | pohon pepaya hidup di di Kec. Tandun, Kec. Kepung, Kec. Saronggi, Kec. Tarogong Kaler, Kec. Raya, Kec. Cepu, Kec. Tepus, Kec. Tangan-Tangan, Kec. Kademangan, Kec. Tirtajaya, Kec. Batang Toru, Kec. Sebatik Barat, Kec. Mimasatene, Kec. Lau, Kec. Bukit Barisan , Kec. Banjarharjo, Kec. Kaliori, Kec. Danurejan, Kec. Petungkriono, Kec. Gabus

 

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adl tumbuhan yang berasal dr Meksiko bgn selatan & bagian utara drAmerika Selatan, dan kini menyebar luas dan bnyk ditnm di semua daerah tropis untk diambil buahnya. C. papayaadalah satu-satunya variasi dalam genus Carica. Nm pepaya dlm bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yg pd gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" & dlm bahasa Sunda "gedang".

Kegunaan

Pepaya jantan dg bunga.

Buah pepaya dimkn dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sbg sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sbg sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimkn sebagai lalapan (setelah dilayukan dengan air panas) atau djdkn pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yg diurap [mnjd|menjadi} sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dpt ditemukan di batangdaun, dan buah) mngndng enzim papain, semacam protease, yg dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

untuk memproduksi papain, bhn baku yang perlu dipersiapakan adl getah pepaya. [Smntr|Sementara} bhn penolongnya berupa air & sulfit. Air digunakan sbg pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit dgnkn sebagai pelarut bahan kimia.

Pengambilan getah buah dilkkn pada buah yg sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedangkan dlm masa pnydpn hrs tetap tergantung pd batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dg interval penyadapan empat hari, maka waktu yg diprlkn untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yg tepat untk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. [1]

Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dlm pengobatan tradisional untuk mnbh nafsu makan.

Pemerian

Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tmbh hngg setinggi 5–10 meterdg daun-daunan yg membentuk berupa spiral pada batang pohon bgn atas. Daunnya menyirip lima dg tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya macam biasanya bercangap dalam.

Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sklgs berumah dua) dengan tiga kelamin: tanaman jantan, betina, & banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sbg "pepaya gantung", yg walaupun jantan kadang-kadangdpt mnghslkn buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tidak mnghslkn bj subur), dan djdkn bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga brwrn kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pd daerah sktr pucuk.

Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing.Wrn buah ketika muda hijau gelap, & setelah matang hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dr tumbuhan betina & memanjang (oval) bila dihslkn tumbuhan banci. Tumbuhan banci lbh disukai dalam budidaya krn dapat mnghslkn buah lebih bnyk dan buahnya lebihbsr. Daging buah berasal dari karpela yg mnbl, brwrn kuning hngg merah, tergantung jenisnya. bgn tengah buah berongga. Bj-bj berwarna hitam atau kehitaman dan trbngks semacam lpsn berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. dlm budidaya, biji-biji untk ditnm kembali diambil dr bagian tengah buah.

Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yang 10% dr keseluruhan panjangn tidak mengalami rekombinasi.[2] Suatu penanda genetikRAPD juga telah ditemukan untuk mmbdkn papaya berkelamin betina dr papaya jantan atau banci.[3]

Kultivar papaya

Kultivar pepaya bermacam-macam karena berbeda-beda pemanfaatan & selera knsmn.

Kultivar Institut Pertanian Bogor (IPB)

kultivar pepaya ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB.[4]

IPB-1 (Arum Bogor)

Arum Bogor mempunyai keunggulan bersosok kcl atau mini, bobotnya sekitar 0,63kg hingga praktis untk diknsms.

IPB-2 (Prima Bogor)

Prima Bogor memiliki  keistimewaan daging buahnya berwarna merah, bobot hingga 2.257 kg & dpt bertahan lama ktk disimpan. Prima Bogor dapat bertahan selama 1 minggu masa penyimpanan.

IPB-3 (Carisya)

Pepaya Carisya berdmnsi kecil sehingga praktis dikonsumsi satu orang mnggnkn sendok. Kulit buah halus mulus, brwrn hijau tua, rasa daging buah sangat mns, daging buah agak kenyal dan berwarna merah jingga, tdk ada bau "burung"shngg disukai oleh konsumen. Kadar gula carisya adalah 140 briks. Carisya lebih tahan tungau dibndngkn dengan Arum Bogor.

IPB-6C (Sukma)

Pepaya Sukma mempunyai keunggulan daging buah yang benar-benar merah. Ktk matang, warna kulitnya bersemburat kuning pd bagian ujung buah. Bobot dpt mencapai2 kg. Cocok untuk diknsmsoleh satu keluarga besar.

IPB-9 (Calina / California)

Pepaya IPB-9 memiliki  kekhasan pd permukaan kulit buahnya yang sngt mulus dan brwrn hijau. Bila dibelah daging buahnya berwarna  Jingga kemerahan yang lezat. Daging buahnya tebal & lembut. Bobot dapat mencapai 1,5 kg  dengan tingkat kemanisan 110 briks. Kadar gulanya lebih tinggi dr pepaya Cibinong yg berkadar gula 9-100briks.

Pepaya bangkok

Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand. Permukaan buahnya tdk rata & kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Klbhnny, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar.

Pepaya Solo

Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh knsmn barat.

Lain-lain

Selain itu terdpt pula pepaya hias yang warna daun atau tangkai daunnya ungu. Pepaya ini ditanam lebih untuk penampilannya dalam memperindah taman. DiDataran Tinggi Dieng dikenal produk mrp pepaya yang dikemas dan disebut "carica". Jenis ini menyukai daerah dingin untuk produksi buah scr optimal.

Manfaat pepaya

Manfaat buah pepaya

Pepaya mempunyai mnft yang bnyk karena pepaya bnyk mengandung vitamin A yg baik untk kshtn mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bg yang sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya stngh matang dijadikan rujak buah manis brsm dg buah bengkoangnanasapel,belimbingjambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mhlkrn getah pepaya bisa diolah mnjd tepung papain yang berguna bg kebutuhan rumah tangga & industri. pada pengobatan herbal pepaya dpt mncgh kanker,[5] sembelit, kesehatan mata.

Manfaat biji pepaya

Dokter Wahyu Triasmara menjelaskan bahwa biji buah pepaya brmnft sbg antioksi& dalam darah karena dpt mnrnkn kadar kolesterol dan LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yang disbbkn oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dlm jumlah terlalu tinggi Karen ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloidflavonoidtaninsaponinantrakuinon, & antosianin. Menurutnya bj pepaya dapat dikonsumsi dgcr diblender & disjkn sprt mmbt jus, atau pun dg cr diseduh sprt  menyeduh kopi setelah trlbh dahulu [dikrngkn|dikeringkan} dan diblender.[6]

Hama dan Penyakit

Hama yg umum mnyrng tanaman pepaya antara lain kutu putih dan tungau Tetranychus sp. se&gkan pnykt yang umum menyerang antara lain antraknosa, busuk akar, busuk pangkal batang, bercak daun.[7] Kutu putih pepaya Paracoccus marginatus Williams & Granara de Willink (Hemiptera: Pseudococcidae) merupakan hama br yang mnjdmslh penting pada pertanaman pepaya di Indonesia. Serangga ini diketahui kbrdnnya pertama kali pada bulan Mei 2008 pada tumbuhan pepaya di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.[8] Kutu putih pepaya P. marginatus adalah hama penting di Indonesia yg mempunyai daya rusak tinggi.[9]

 

2019-03-14 15:01:11 * 2019-03-14 14:50:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Pepaya | pohon pepaya hidup di adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Pepaya | pohon pepaya hidup di"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit