Kelapa kelapa nias genjah

4:02:01 Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dlm marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimnftkn hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adl sebutan untuk buah yg dihasilkan tumbuhan ini.

Pohon ini diperkirakan berasal dr pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, nmn kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.
Tumbuhan dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pd lahan berpasir pantai. Batang beruas-ruas nmn bila sdh tua tdk terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik digunakan untk bangunan. Daun mrpkn daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nmpk sprt daun majemuk.Bunga tersusun majemuk pd rangkaian yg dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan & betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sdngkn bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. Buah besar, diameter 10 centimeter sampai 20 cm atau bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, atau coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bgn endokarp yang keras (dsbt batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yg hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp. Endospermium berupa cairan yg mengandung banyak enzim, dan fase padatannya mengendap pd dinding endokarp seiring dg smkn tua buahnya; embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untk berkecambah (disebut kentos).

Kelapa secara alami tumbuh di pantai & pohonnya mencapai ketinggian 30 meter. Ia berasal dr pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Pohon ini dapat tmbh hngg ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, nmn seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Kelapa adl pohon serba guna bagi msyrkt tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.

Kayu dari batangnya, yg dsbt kayu glugu, dipakai orang sbg kayu dg mutu menengah, dan dpt dipakai sebaga papan untk rumah.

Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. Daun muda kelapa, dsbt janur, dipakai sbg bahan anyaman dlm pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa & Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yg berdiri sendiri (seni merangkai janur). Tangkai anak daun yg sudah dikeringkan, dsbt lidi, dihimpun mnjd satu menjadi sapu.

Tandan bunga yg masih muda, yg disebut mayang (sebetulnya nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar [dlm|dalam} bahasa Jawa, dipakai orang untuk hiasan dlm upacara perkawinan dengan simbol tertentu. Mayang oleh orang Jawa-Mataraman dipakai sebagai bhn pengganti gori dlm pembuatan gudeg & dsbt gudeg manggar. Bunga betina atau buah mudanya, disebut bluluk dlm bahasa Jawa dpt dimakan. Cairan manis yg keluar dari tangkai bunga, dsbt (air) nira atau legèn (bhs. Jawa), dapat diminum sbg penyegar atau difermentasi mjd tuak. Gula kelapa juga dibuat dari nira ini.

Buah kelapa adalah bagian plng bernilai ekonomi. Sabut bagian mesokarp yg brp serat-serat kasar, diperdagangkan sbg bhn bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adl bagian endokarp, dipakai sbg bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bhn baku berbagaikerajinan tangan.

Endosperma buah kelapa ygberupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dlm batok ("daging buah kelapa") adl smbr penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak srt biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan. Cairan ini mengandung beraneka enzim & memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Bbrp kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pd dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma. Mutasi ini dsbt (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas & cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yg disebut kopra. Kopra adl bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tdk menjadi bhn minuman penyegar dan mrpkn limbah industri kopraNamun, cairan ini dapat dimnftkn lagi untuk dibuat mnjd bhn semacam jelly yg disebut nata de coco dan merupakan bhn campuran minuman penyegar. Daging buah kelapa juga dpt dimnftkn sebagai penambah aroma pd masakan daging serta dpt dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok.




Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kota Surakarta Kab. Timor Tengah Selatan Pematangsiantar Kulon Progo Takalar Pematangsiantar Banjarbaru Pidie Jaya Kab. Sumedang Tanah Datar Tebo Kab. Rembang Kampar Kota Pontianak

Dan Kec lainnya Kec. Tukka Kec. Labuan Amas Utara Kec. Kepenuhan Kec. Sindang Barang Kec. Banyudono Kec. Parigi Kec. Teluk Jambe Timur Kec. Limpasu Kec. Negara Kec. Donorejo Kec. Kokas Kec. Dukuh Pakis Kec. Simangambat Kec. Grogol Kec. Rimbo Ilir Kec. Plampang Kec. Sakra Timur Kec. Palembayan Kec. Gebang Kec. Pulo Ampel

Tag Kelapa kelapa nias genjah

Tag search: kelapa nias genjah Kelapa


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kelapa kelapa nias genjah adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kelapa kelapa nias genjah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit