Cabai | cabai manis

Cabai | cabai manis

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat diglngkn sbg sayuran mpn bumbu, tergantung bgmn digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bg seni masakan Padang, cabai bhkn dianggp sbg "bahan mknn pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) merupakan slh satu jenis sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yg tngg. Cabai mngndng brbg macam snyw yg brgn bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yg brfngs untuk mnjg tbh dr serangan radikal bbs. Kandungan trsbr antioksidan ini adl pada cabai hijau. Cabai jg mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn slh satu produk sayuran yg bnyk dibddykn oleh petani di Indonesia krn memiliki hrg jual yg tngg [2]dan mempunyai bbrp manfaat kesehatan yang slh satunya adl zat capsaicin yg berfungsi dalam mngndlkn penyakit kanker. Selain itu kndngn vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dpt mmnh kebutuhan harian stp orang, namun harus diknsms sckpnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok trmsk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) & mrpkn tumbuhan yg mudah ditnm di dataran rndh ataupun di dtrn tinggi. Tanaman cabai bnyk mngndng vitamin A & vitamin C srt mngndng minyak atsiri capsaicin, yg mnybbkn rasa pedas & memberikan khngtn panas bl dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditanam dg mudah sehingga dapat dipakai untk kebutuhan sehari-hari tnp harus membelinya di pasar.

Pohon cabai cocok ditnm pada tanah yg kaya humus, gembur dan sarang, serta tdk tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Waktu tanam yg baik untk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yang tngg, bisa jg [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diprbnyk melalui biji yg ditanam dr pohon yang sehat serta bbs dari hama & penyakit. Buah cabai yang tlh diseleksi untuk bibit dijmr hngg krng. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari tlh krngkering kmdn baru diambil bjnya: Untk areal satu hektar dibutuhkan sekitar 2-3 kilogram buah cabai (300-500 gram bj).

Permasalahan produksi

Slh satu gangguan utama dlm sistem produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini srng menyebabkan ggl panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 mnnjkkn bhw krskn pada pohon cabai di Indonesia dapat mncp 35%. Buah cabai yang trsrng srng tmpk sehat & utuh dr luar tetapi bila dilihat di dalamnya mmbsk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya trutm adalah lalat buahBactrocera carambolae. Karena gjl awlnya yang tak tampak jelas, smntr hama ini sbnrnnya msh trbts di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yg ditkt sehingga dapat mnjd penghambat ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan salah satu hama pntng pd budidaya cabai krn dapat mnybbkn kerusakan hngg 80%. Upaya pngndlnnya dapat mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sbnrnya sudah dilakukan upaya untk mengendalikan srngn lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yang bisa mencegah srngn lalat buah. Akan ttp, cara ini tdk praktis untk dilakukan pada tumbuhan cabai dalam areal yg luas. Smtr penggunaan insektisida sln mncmr lngkngn juga sngt brbhy bg konsumen buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pengendalian yg ramah lingkungan & cck untk diterapkan di areal luas sprt di lahan sentral produksi cabai. Upaya pngndln lalat buah pd pohpn cabai, khususnya cabai merah, adl pngggnn insektisida sintetik karena dianggp praktis, mudah didapat, dan menunjukkan efek yang cpt. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-03-09 9:14:06 * 2019-03-09 07:02:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai manis adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit