Mahoni | manfaat pohon mahoni bagi kesehatan

Mahoni | manfaat pohon mahoni bagi kesehatan

 

Mahoni adl anggt suku Meliaceae yang mnckp 50 genera dan 550 jenis tumbuhan kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk pohon besar dengan tngg tumbuhan mencapai 35–40 m & diameter mncp 125 centimeter.[2] Btng lurus berbentuk silindris & tdk berbanir.[2] Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sdngkn kulit batang brwrn abu-abu &  hls ketika masih muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur &  mengelupas stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dpt dijumpai tumbuh liar di hutan jati dan  tempat-tempat lain yang dkt dg pantai, atau ditnm di tepi jln sebagai tanaman pelindung.[5] Pohon yang asalnya dr Hindia Barat ini, bisa tumbuh sbr bila tumbuh di pasir payau dekat dg pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni bisa mngrng polusi udara sekitar 47% - 69% shngg dsbt sebagai pohon plndng sklgs filter udara dan  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya brtgs menyerap polutan-polutan di sktrnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yg mmbt udara di sktrnya mnjd sgr.[7] Ktk hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilprkn bisa melancarkan peredaran darah sehingga para pndrt penyakit yang menyebabkan trsmbtny aliran darah disarankan mmk buah ini sebagai obat, mngrng kolesterol, penimbunan lemak pd slrn darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt brtndk sbg antioksidan untk menyingkirkan radikal bebas[8], mncgh penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, mmbnt mngktkn sistem kkbln, mencegah pembekuan darah, srt mngtkn fungsi hati dan  mmprlmbt proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yang dapat bertahan hidup di tanah gersang menjadikan tanaman ini sesuai ditanam di tepi jalan. Bagi pnddk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bknlah tumbuhan yg baru, karena sejak zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Tanaman Asam, sdh bnyk ditanam di pnggr jalan sebagai peneduh terutama di sepanjang jln yang dibangun olehDaendels antr Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 tahun terakhir ini, pohon mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tngg. Kualitas kayunya krs dan  sngt baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Sering juga dibuat penggaris krn sftnya yg tdk mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibwh kayu jati shngg srng dijlk sebagai primadona kedua untuk mewarnai pakaian. Kain yang direbus bersama kulit mahoni akan menjadi kuning dan  tdk mdh luntur.Sedangkan getah mahoni yang dsbt jg blendok dapat dipergunakan sbg bahan baku lem, dan  daun mahoni untk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji pohon mahoni jg bs dgnkn sebagai pestisida nabati untk mengendalikan hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pd saat hama berada pd stadia larva. Penggunaan insektisida botani merupakan salah satu alternatif pengendalian yang bertujuan untk mengurangi dampak negatif akibat pnggnn insektisida sintetik yg tidak bjksn.

 

2019-03-09 2:15:07 * 2019-03-09 02:05:07

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | manfaat pohon mahoni bagi kesehatan adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | manfaat pohon mahoni bagi kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit