Bisbul buah bisbul khas bogor

22:16:02 Bisbul adl nama sejenis buah sklgs tumbuhan penghasilnya. Tanaman ini berkrbt dengan kesemek & kayu hitam.
Nm ilmiahnya adalah Diospyros blancoi A. DC., namunsrng disebut dg nama yang tdk sah: D. discolor Willd. Nama-nama lainnya adalah buah mentega, buah lemak (bahasa Melayu, merujuk pada daging buahnya ketika matang), sembolo (Bahasa Jawa), kamagong, tabang atau mabolo (Tagalog, merujuk pada kulit buahnya yang berbulu halus), marit (Bahasa Thai), dan velvet apple (Inggris).

Pemerian
Bisbul merupakan pohon yg sedang tingginya, 10-30 meter, meskipun umumnya hanyasktr 15 m atau krng. Berbatang lurus, dg pepagan berwarna hitam atau kehitaman, diameter hngg 50 cm atau lebih di pangkal batang, bercabang krng lebih mendatar dan bertingkat, dengan tajuk keseluruhan brbntk kerucut yang lebat dan rapat daun-daunnya sehingga gelap di bgn dlmnya.
Daun-daun tersusun berseling, brbntk lonjong, 2,5-12 × 8-30 cm, bertepi rata, dg pangkal membundar dan ujung meruncing, bertangkai sktr 1,7 cm. Sisi atas daun hijau tua, mengkilap, seperti kulit; sisi bawah berbulu halus, keperakan. Daun muda hijau muda smp merah jambu.
Berumah dua, bunga-bunga jantan tersusun dalam payung menggarpu, 3-7 kuntum, di ketiak daun; berbilangan 4, daun mahkota berbentuk tabung, putih susu. Bunga betina soliter, bertangkai pendek dan terletak di ketiak daun.
Buah buni bulat atau bulat gepeng, 5-12 × 8-10 centimeter, berbulu halus seperti beludru, coklat kemerahan kmdn merah terang & lalu agak kusam apabila masak, dengan “topi” dari kelopak bunga yg tidak rontok. Daging buah berwarna keputihan, agak keras & padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum; ditutupi kulit buah yg tipis berbulu. Bau keras agak mirip keju & durian, bg sbgn orang terasa memualkan, bahkan ada pula yang menyebutkan baunya mrp dengan kotoran kucing. Biji hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, berbentuk bj agak mrp keping buah jeruk, 4 × 2,5 × 1,5 centimeter (di bgn tebalnya).
Hasil dan kegunaan

Bisbul tmbh dg baik di daerah tropika beriklim muson, pada brbg jenis tanah sampai dg ketinggian 800 m] dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September; [nmn di Bogor buah tlh dapat dipetik antara Maret-Mei.
Tumbuhan ini terutama ditnm untuk buahnya, yg dapat dimkn segar atau sebagai cmprn minuman dan rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hngg hitam, bertekstur halus, kuat dan keras; di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bhn kerajinan yg berharga & dilindungi oleh undang-undang. Karena tajuknya yang bagus,pohon bisbul juga kerap ditanam di taman-taman & tepi jalan.
Asal usul dan kerabat
Tanaman ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dr anggotanya memiliki kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tdk jarang, kelompok ini diknl sbg kayu arang atau arang-arang.
Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia dijumpaihdp liar di hutan-hutan primer & sekunder & jg dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Jakarta Pusat Balikpapan Kab. Madiun Ogan Ilir Tabalong Kab. Madiun Paser Kepulauan Anambas Tanjung Jabung Timur Kab. Belu Way Kanan Kab. Manggarai Lampung Timur Kab. Tuban

Dan Kec lainnya Kec. Wonotirto Kec. Lamongan Kec. Metro Selatan Kec. Cisarua Kec. Gunung Wungkal Kec. Kunto Darussalam Kec. Bojongsoang Kec. Panekan Kec. Medan Satria Kec. Pademawu Kec. Cawas Kec. Sambirejo Sampaga Kec. Bilah Barat Kec. Kotarih Kec. Tarano Papalang Kec. Girimulyo Kec. Gambir Tehoru

Tag Bisbul buah bisbul khas bogor

Tag search: buah bisbul khas bogor Bisbul


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Bisbul buah bisbul khas bogor adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Bisbul buah bisbul khas bogor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit