Cabai cabai raksasa

10:04:01 Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tanaman anggt genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran mpn bumbu, trgntng bgmn dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yang pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bagi seni mskn Padang, cabai bahkan dianggp sebagai "bahan makanan pkk" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt sulit bg masakan Padang dibuat tnp cabai.
Manfaat Cabai
Cabai merah bsr (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu varietas sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yg tinggi. Cabai mengandung berbagai macam snyw yang brgn bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yang berfungsi untk mnjg tbh dr srngn radikal bebas. Kandungan trsbr antioksidan ini adl pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yg berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan slh satu produk sayuran yang bnyk dibddykn oleh petani di Indonesia krn memiliki harga jual yang tinggi [2]& memiliki beberapa mnft kshtn yang salah satunya adl zat capsaicin yg berfungsi dlm mengendalikan penyakit kanker. Sln itu kandungan vitamin C yang ckp tngg pada cabai dapat mmnh kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman
Cabai atau lombok trmsk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) & merupakan pohon yang mdh ditnm di dtrn rndh ataupun di dtrn tinggi. Tumbuhan cabai bnyk mngndng vitamin A dan vitamin C srt mngndng minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan khngtn panas bl dgnkn untk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dg mdh sehingga dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa hrs membelinya di pasar.
Tanaman cabai cocok ditnm pada tanah yang kaya humus, gembur & sarang, srt tidak trgnng air; pH tanah yg ideal sktr 5-6. Wkt tanam yg baik untuk lhn kering adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yang tinggi, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pada bulan Oktober dan panen pd bulan Desember, walaupun ada rsk kggln. Tumbuhan cabai diperbanyak mll biji yg ditnm dr tanaman yg sehat srt bbs dr hama & penyakit. Buah cabai yg telah diseleksi untuk bibit dijemur hingga krng. Kalau panasnya cukup dlm lima hari telah krngkering kmdn baru diambil bjnya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gram biji).

Permasalahan produksi
Salah satu kendala utm dlm sstm produksi cabai di Indonesia adl adanya srngn lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering mnybbkn ggl panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bhw krskn pada pohon cabai di Indonesia dpt mencapai 35%. Buah cabai yg terserang srng tmpk sehat & utuh dr luar ttp bila dilihat di dlmnya mmbsk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya terutama adalah lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awalnya yang tak tampak jelas, smntr hama ini sebarannya masih terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yang ditakuti shngg dapat mnjd penghambat ekspor buah-buahan mpn pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan slh satu hama penting pada bddy cabai krn dapat menyebabkan krskn hngg 80%. Cara pngndlnnya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga. [4]

Upaya penanggulangan hama
Sbnrnya sudah dilakukan cara untk mengendalikan srngn lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yang dapat mncgh srngn lalat buah. Akan ttp, cara ini tidak praktis untuk dilkkn pada pohon cabai dalam areal yang luas. Sementara penggunaan insektisida selain mncmr lingkungan juga sngt berbahaya bagi knsmn buah. Oleh krn itu, diperlukan cara pngnndln yg rmh lingkungan & cck untk diterapkan di areal luas seperti di lhn sentral produksi cabai. Cara pengendalian lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik karena dianggap praktis, mudah didapat, dan mnnjkkn efek yang cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai pnlk lalat buah.[5]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Garut Bulungan Toli-Toli Kota Kupang Bengkulu Toli-Toli Tebo Aceh Barat Daya Kab. Sumbawa Barat Tana Tidung Kota Mojokerto Sukamara Balikpapan Bengkulu Selatan

Dan Kec lainnya Kec. Manisrenggo Tembelang Kec. Sukosewu Kec. Kutorejo Kec. Kebakkramat Kec. Paranginan Nosu Kec. Sudimoro Kec. Kampar Kiri Hulu Kec. Bandar Huluan Kec. Muara Enim Kec. Serengan Kec. Suralaga Kec. Binangun Kec. Kradenan Kec. Kraton Kec. Kota Bogor Utara Kec. Kuripan Kec. Gabus Kec. Sumberjambe

Tag Cabai cabai raksasa

Tag search: cabai raksasa Cabai


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai cabai raksasa adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai cabai raksasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit