Cengkih wisata kebun cengkeh

7:44:02 Cengkih (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum), dlm bahasa Inggris dsbt cloves, adl tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adl tanaman asli Indonesia, bnyk dgnkn sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, & sbg bhn utm rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; sln itu jg dibudidayakan di Zanzibar, India, & Sri Lanka. Tanaman ini adl flora identitas Provinsi Maluku Utara.

Pemerian
Pohon cengkih mrpkn tumbuhan tahunan yang dapat tmbh dengan tinggi 10–20 meter, mempunyai daun brbntk lonjong yg berbunga pd pucuk-pucuknya. Tangkai buah pd awalnya berwarna hijau, dan brwrn merah jika bunga sdh mekar. Cengkih akan dipanen jika sudah mncp panjang 1,5–2 cm.


Penggunaan
Cengkih dpt digunakan sebagai bumbu, baik dlm bentuknya yg utuh atau sbg bubuk. Bumbu ini dgnkn diEropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkih dgnkn sebagai bhn rokok kretek. Cengkih juga dgnkn sbg bhn dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan jg untuk mengobati sakit gigi. Daun cengkih kering yang ditumbuk halus dapat dgnkn sbg pestisida nabati & efektif cuntk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium dengan mmbrkn 50-100 grdaun cengkih kering per tanaman[1].

Sejarah cengkih
PdPada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan stp orang yg mendekatinya untksblmnya menguyah cengkih, agar harum napasnya. Cengkih, pala dan merica sngtlah mahal pd zaman Romawi. Cengkih mnjd bahan tukar menukar oleh bangsa Arab pada abad pertengahan. pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tkr mnkrdi Laut India. Brsm itu diambil alih jg perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dg Spanyol, selain itu jg dengan perjanjian dg sultanTernate. Orang Portugis mmbw banyak cengkih yg mereka dapatkan dr kepulauan Maluku ke Eropa. pd saat itu harga 1 kg cengkih sama dg harga 7gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. dg susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibddykn di Guyana, Brasilia& Zanzibar.
Pd abad ke-17 & ke-18 di Inggris hrg cengkih sama dg harga emas karena tingginya biaya impor. Sbb cengkih dsn dijdkn salah satu bhn mknn yang sngt berkhasiat bagi warga & sktrnya yg mnnsms tumbuhan cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih mnjd salah satu bahan yg|yang} diekspor ke luar negeri.
Pohon cengkih yg dianggap tertua yg masih hidup trdpt di Kelurahan Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 kilometerdari pusat kota Ternate. Pohon yg disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416thn, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 meter. Stp tahunnya ia mampu mnghslkn sktr 400 kilogram bunga cengkih.[2]

Kandungan bahan aktif dalam bunga dan buah cengkih
Minyak esensial dr cengkih memiliki fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untk mnghlngkn sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yg brnm eugenol, dgnkn dokter gigi untk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga dgnkn dlm campuran tradisional chojiyu (1% minyak cengkih dlm minyak mineral; "choji" berarti cengkih; "yu" berarti minyak) & dgnkn oleh orangJepang untuk merawat permukaan pedagang mrk.



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Malinau Bengkulu Selatan Tebing Tinggi Mandailing Natal Kab. Bondowoso Tebing Tinggi Gunung Mas Kab. Ngawi Ogan Komering Ulu Tapanuli Selatan Pematangsiantar Padangpanjang Majene Medan

Dan Kec lainnya Kec. Sumber Malang Kec. Wagir Kec. Katibung Kec. Serpong Utara Kec. Silaen Kec. Lubuk Pakam Kec. Gudo Kec. Gadingrejo Kec. Cidaun Kota Utara Kec. Kembang Tanjung Kec. Ujung Kec. Lore Barat Kec. Kedungwaru Kec. Kertajati Husain1 Kec. Tembelang Kec. Dolopo Kec. Kedaton Kec. Panji

Tag Cengkih wisata kebun cengkeh

Tag search: wisata kebun cengkeh Cengkih


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cengkih wisata kebun cengkeh adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cengkih wisata kebun cengkeh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit