Cabai | cabai jumbo

Cabai | cabai jumbo

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah dan tanaman anggota genus Capsicum. Buahnya dpt diglngkn sebagai sayuran maupun bumbu, trgntng bgmn dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yang pedas sangat popular di Asia Tenggara sbg penguat rasa makanan. Bg seni masakan Padang, cabai bhkn dianggp sebagai "bhn makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat slt bg masakan Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu varietas sayuran yg memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mngndng brbg jenis senyawa yang berguna bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mngndng antioksidan yang berfungsi untuk mnjg tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai jg mngndng Lasparaginase & Capsaicin yang berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yg banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia krn memiliki hrg jual yang tngg [2]dan mempunyai beberapa manfaat kshtn yg salah satunya adl zat capsaicin yang brfngs dalam mengendalikan penyakit kanker. Sln itu kandungan vitamin C yang ckp tinggi pada cabai dpt memenuhi kbthn harian stp orang, nmn hrs dikonsumsi sckpnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dalam suku terong-terongan (Solanaceae) & merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rndh ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabai bnyk mengandung vitamin A dan vitamin C srt mngndng minyak atsiri capsaicin, yg menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bl dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditanam dengan mudah sehingga dapat dipakai untk kebutuhan sehari-hari tanpa hrs membelinya di pasar.

Tumbuhan cabai cocok ditnm pd tanah yang kaya humus, gembur & sarang, srt tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5-6. Waktu tnm yang baik untuk lhn kering adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat harga cabai yang tngg, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pd bln Oktober & panen pada bln Desember, walaupun ada risiko kggln. Tanaman cabai diperbanyak mll biji yg ditanam dr tumbuhan yang sehat srt bebas dari hama & penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untk bibit dijmr hingga kering. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari tlh krngkering kemudian baru diambl bijinya: Untk areal satu hektar dibthkn sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gr bj).

Permasalahan produksi

Slh satu kendala utama dalam sstm produksi cabai di Indonesia adalah adanya srngn lalat buah pd buah cabai. Hama ini srng mnybbkn ggl panen[3]. Lprn Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bhw kerusakan pd tanaman cabai di Indonesia dpt mncp 35%. Buah cabai yang terserang srng tmpk sehat dan utuh dari luar tetapi bila dilht di dlmnya mmbsk dan mngndng larva lalat. Pnybbnya terutama adl lalat buahBactrocera carambolae. Karena gejala awlnya yg tak tampak jelas, smntr hama ini sbnrnnya msh terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yang ditkt sehingga dpt menjadi pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan slh satu hama pntng pd bddy cabai krn dapat menyebabkan krskn hngg 80%. Upaya pngndlnnya dapat menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii & Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilakukan cara untuk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yg dapat mncgh serangan lalat buah. Akan ttp, cara ini tidak praktis untuk dilakukan pd pohon cabai dlm areal yang luas. Sementara penggunaan insektisida sln mncmr lngkngn juga sngt brbhy bg knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pngnndln yang ramah lngkngn dan cck untuk diterapkan di areal luas sprt di lhn sentral produksi cabai. Cara pengendalian lalat buah pada pohpn cabai, khususnya cabai merah, adalah pngggnn insektisida sintetik karena dianggp praktis, mdh didapat, dan mnnjkkn efek yang cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg penolak lalat buah.[5]

 

 

2019-03-12 14:30:10 * 2019-03-12 14:22:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai jumbo adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai jumbo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit