Mahoni | khasiat biji pohon mahoni

Mahoni | khasiat biji pohon mahoni

 

Mahoni adalah anggota suku Meliaceae yg mnckp 50 genera dan 550 spesies tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni trmsk tanaman besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter mencapai 125 cm.[2] Btng lurus berbentuk silindris dan tdk berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu &  hls ketika masih muda, brbh mnjd cokelat tua, beralur &  mnglps stlh tua.[2]Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 thn, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kpl sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, wrnnya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat ditemukan tmbh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai tumbuhan pelindung.[5] Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh sbr bila tmbh di pasir payau dekat dengan pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% - 69% sehingga dsbt sebagai tumbuhan pelindung sklgs filter udara dan  daerah tngkpn air.[7] Daun-daunnya brtgs mnyrp polutan-polutan di sktrnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan mlpskn oksigen (O2) yg mmbt udara di sktrnya menjadi sgr.[7] Ketika hujan turun, tanah &  akar-akar pepohonan itu akan mngkt air yg jth, shngg menjadi cadangan air.[7] Buah mahoni mngndng flavonoid &  saponin[8]. Buahnya dilprkn dapat melancarkan peredaran darah sehingga para pndrt penyakit yg menyebabkan trsmbtny aliran darah disarankan mmk buah ini sbg obat, mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mngrng rasa sakit, pendarahan dan  lebam, srt brtndk sebagai antioksidan untk menyngkrkn radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mngrng lemak di badan, mmbnt mngktkn sstm kekebalan, mencegah pembekuan darah, srt mngtkn fungsi hati dan  memperlambat proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yg dpt bertahan hidup di tanah gersang menjadikan tumbuhan ini sesuai ditnm di tepi jln. Bagi penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah tumbuhan yang baru, krn sjk zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Pohon Asam, sdh banyak ditnm di pinggir jln sbg peneduh terutama di spnjng jalan yg dibngn olehDaendels antara Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 tahun terakhir ini, tumbuhan mahoni mulai dibddykn karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yg ckp tinggi. Kualitas kayunya krs &  sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris karena sftnya yang tdk mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati shngg srng dijlk sebagai primadona kedua untuk mwrn pakaian. Kain yg dirbs bersama kulit mahoni akan menjadi kuning dan  tdk mdh luntur.Sedangkan getah mahoni yang dsbt juga blendok dapat diprgnkn sebagai bahan baku lem, &  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji tanaman mahoni jg dapat digunakan sbg pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada pertnmn kubis, yaitu Plutella xylostella dan  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani mrpkn slh satu alternatif pngndln yg brtjn untuk mngrng dampak negatif akbt pnggnn insektisida sintetik yang tdk bjksn.

 

2019-03-12 22:05:14 * 2019-03-12 22:02:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | khasiat biji pohon mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | khasiat biji pohon mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit