Mahoni | khasiat biji pohon mahoni

Mahoni | khasiat biji pohon mahoni

 

Mahoni adl anggt suku Meliaceae yg mencakup 50 genera dan 550 varietas tanaman kayu.

Morfologi dan penyebaran

Mahoni termasuk tumbuhan bsr dengan tinggi pohon mncp 35–40 meter dan diameter mncp 125 centimeter.[2] Batang lurus berbentuk silindris & tidak berbanir.[2] Kulit luar brwrn cokelat kehitaman, beralur dangkal sprt sisik, sdngkn kulit btng brwrn abu-abu dan  hls ktk masih muda, brbh menjadi cokelat tua, beralur &  mengelupas setelah tua.[2]Mahoni baru berbunga stlh berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pd mahkota, kepala sari putihkuning kecoklatan.[3] Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Bj pipih, wrnnya hitam atau cokelat.[4] Mahoni dapat ditemukan tmbh liar di hutan jati &  tempat-tempat lain yg dkt dengan pantai, atau ditanam di tepi jln sebagai tumbuhan pelindung.[5] Tanaman yg asalnya dari Hindia Barat ini, bisa tmbh sbr bila tmbh di pasir payau dekat dengan pantai.[6]

Manfaat

Pohon mahoni bisa mngrng polusi udara sktr 47% - 69% shngg disebut sebagai tumbuhan pelindung sekaligus filter udara &  daerah tangkapan air.[7] Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi sgr.[7] Ktk hujan turun, tanah dan  akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yang jatuh, sehingga mnjd cadangan air.[7] Buah mahoni mengandung flavonoid dan  saponin[8]. Buahnya dilaporkan bisa mlncrkn peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang mnybbkn trsmbtny aliran darah disarankan memakai buah ini sbg obat, mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada slrn darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan  lebam, serta bertindak sbg antioksidan untuk menyngkrkn radikal bebas[8], mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sstm kekebalan, mncgh pembekuan darah, srt menguatkan fungsi hati dan  mmprlmbt proses pembekuan darah[9]. Sifat Mahoni yang dapat bertahan hdp di tanah gersang mnjdkn pohon ini sesuai ditnm di tepi jln. Bg penduduk Indonesia khususnya Jawa, pohon ini bknlah tanaman yg baru, krn sejak zaman penjajahan Belanda mahoni &  rekannya, Pohon Asam, sudah banyak ditanam di pnggr jln sbg peneduh terutama di sepanjang jln yang dibangun olehDaendels antr Anyer sampai Panarukan. Sjk 20 tahun terakhir ini, tanaman mahoni mulai dibudidayakan krn kayunya mempunyai nilai ekonomis yg cukup tngg. Kualitas kayunya keras &  sangat baik untk meubel, furnitur, barang-barang ukiran &  kerajinan tangan. Srng jg dibuat penggaris karena sftnya yg tidak mdh berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibwh kayu jati shngg sering dijlk sbg primadona kedua untuk mwrn pakaian. Kain yg direbus brsm kulit mahoni akan mnjd kuning dan  tidak mdh lntr.Sdngkn getah mahoni yg disebut jg blendok bisa diprgnkn sbg bhn baku lem, &  daun mahoni untuk pakan ternak.[10]

Ekstrak biji tanaman mahoni juga bs digunakan sbg pestisida nabati untuk mengendalikan hama pd pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella &  Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Pnggnn insektisida botani mrpkn slh satu alternatif pngndln yang brtjn untk mngrng dampak negatif akibat penggunaan insektisida sintetik yg tidak bijaksana.

 

2019-03-12 19:40:33 * 2019-03-12 18:29:10

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Mahoni | khasiat biji pohon mahoni adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Mahoni | khasiat biji pohon mahoni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit