Cabai cabai panjang

2:36:02 Cabai atau cabai merah atau chili adl buah dan tumbuhan anggt genus Capsicum. Buahnya dpt digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yg pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bagi seni masakan Padang, cabai bahkan dianggap sbg "bahan mknn pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt sulit bg mskn Padang dibuat tanpa cabai.
Manfaat Cabai
Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn slh satu spesies sayuran yg memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mngndng berbagai jenis snyw yg berguna bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tbh dari serangan radikal bbs. Kndngn trsbr antioksidan ini adalah pd cabai hijau. Cabai jg mngndng Lasparaginase dan Capsaicin yg berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu produk sayuran yg banyak dibddykn oleh petani di Indonesia krn mempunyai harga jual yg tngg [2]& memiliki beberapa mnft kesehatan yg slh satunya adalah zat capsaicin yg brfngs dlm mngndlkn penyakit kanker. Sln itu kndngn vitamin C yg ckp tngg pd cabai dpt mmnh kbthn harian stp orang, nmn hrs dikonsumsi secukupnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman
Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yg mudah ditnm di dtrn rendah ataupun di dtrn tngg. Tumbuhan cabai bnyk mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas & mmbrkn kehangatan panas bl digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai bisa ditnm dengan mdh shngg bisa dipakai untk kbthn sehari-hari tnp harus membelinya di pasar.
Tanaman cabai cocok ditnm pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang, serta tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sktr 5-6. Wkt tnm yg baik untk lahan krng adl pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yg tngg, dapat juga [dilkkn|dilakukan} pd bulan Oktober & panen pada bulan Desember, walaupun ada rsk kggln. Tumbuhan cabai diprbnyk melalui biji yg ditnm dari tanaman yang sehat serta bbs dr hama & penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untuk bibit dijemur hingga krng. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari telah krngkering kemudian br diambl bjnya: Untuk areal satu hektar dibthkn sekitar 2-3 kg buah cabai (300-500 gram bj).

Permasalahan produksi
Salah satu gangguan utama dalam sstm produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini srng menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI thn 2006 mnnjkkn bhw kerusakan pada tanaman cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng srng tmpk sehat & utuh dari luar ttp bila dilht di dlmnya mmbsk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya terutama adalah lalat buahBactrocera carambolae. Karena gjl awlnya yg tak tampak jelas, sementara hama ini sbnrnnya masih terbatas di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yang ditkt sehingga dapat mnjd pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) merupakan salah satu hama pntng pada budidaya cabai karena dpt menyebabkan kerusakan hingga 80%. Cara pngndlnnya dapat mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga. [4]

Upaya penanggulangan hama
Sbnrnya sudah dilkkn upaya untuk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antaranya adalah pembrongsongan yang dapat mencegah serangan lalat buah. Akan tetapi, cara ini tdk praktis untuk dilkkn pd tanaman cabai dalam areal yang luas. Smtr pnggnn insektisida sln mencemari lngkngn juga sangat berbahaya bagi konsumen buah. Oleh krn itu, diperlukan cara pngnndln yang ramah lingkungan dan cck untk ditrpkn di areal luas sprt di lahan sentral produksi cabai. Cara pngndln lalat buah pada tanaman cabai, khususnya cabai merah, adl pngggnn insektisida sintetik karena dianggp praktis, mdh didapat, & mnnjkkn efek yang cpt. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati seperti kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Banyumas Kepulauan Seribu Kota Pontianak Kab. Manggarai Lanny Jaya Kota Pontianak Jambi Kab. Banyuwangi Kab. Karawang Kepulauan Meranti Pakpak Bharat Kab. Sampang Karimun Mesuji

Dan Kec lainnya Kec. Pitumpanua Kec. Sumbang Kec. Muntilan Kec. Maos Kec. Kuta Makmur Kec. Tanah Pasir Kec. Sewon Kec. Tapung Hulu Kec. Lubuk Dalam Kec. Bandung Kec. Ciemas Kec. Setia Bakti Kec. Baamang Kec. Klaten Utara Kec. Kertek Kec. Mulyorejo Kec. Moyo Utara Kec. Jasinga Kec. Tirto Yudo Kec. Pandaan

Tag Cabai cabai panjang

Tag search: cabai panjang Cabai


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai cabai panjang adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai cabai panjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit