Jeruk manfaat buah jeruk untuk pleci

15:39:02

 

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya brbntk pohon dg buah yg berdaging dengan rasa masam yg segar, mskpn bnyk di antara anggotanya yg mempunyai rasa manis. Rasa masam berasal dari kndngn asam sitrat yg memang menjadi trkndng pd semua anggotanya.

Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pd bbrp anggota marga lain yang msh berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. dlm bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".

Jeruk sangatlah beragam & beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki krktr yg khas, yg berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini srngkl menyulitkan klasifikasi, penamaan & pengenalan trhdp anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa bnyk jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dg genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus & Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri mempunyai dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Asal jeruk adl dr Asia Timur & Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yg membentang dr Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis & sitrun (lemon) berasal dr Asia Timur, sedangkan jeruk balijeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Bnyk anggota jeruk yg dimanfaatkan oleh manusia sbg bhn pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sbg rempah-rempah.

Pemerian

Pohon kecil, perdu atau semak besar, ketinggian 2-15 m, dg batang atau ranting berduri panjang tetapi tdk rapat.Daun hijau abadi dengan tepi rata, tunggal, permukaan biasanya licin & agak berminyak. Bunga tunggal atau dalam kelompok, lima mahkota bunga kadang-kadang empat) brwrn putih atau kuning pucat, [stamen] bnyk, seringkali sngt harum. Buah bertipe "buah jeruk" (hesperidium), semacam buah buni, membulat atau seperti tabung, ukuran bervariasi dengan diameter 2-30cm tergantung jenisnya; kulit buah biasanya berdaging dg minyak atsiri yg bnyk. Hama yg sering menyerang tanaman jeruk adl kutu daun, ulat Pappilio memnonPhilocnitis, sedangkan penyakit yang sering menyerang adl embun tepung, embun jelaga, virus keriting.

Jeruk dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 mdpl. [2] Keadaan iklim yg baik bagi tanaman jeruk adl pada kisaran suhu udara 25 °C - 30 °C atau rata-rata 20 °C, curah hujan tdk lebih dari 100 mm/bulan atau 1200 mm/tahun, kelembaban udara 50 % - 85% dg minimal 3 bulan kering. Jeruk harus ditanam di tempat terbuka atau mendapat cukup sinar matahari, dan apabila ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi tebal & rasa jeruk menjadi pahit. Keadaan tanah yg baik untuk ditanami jeruk adl tanah yg gembur, mempunyai kandungan bhn organik yang tinggi, mempunyai aerasi & drainase yg baik, dengan nilai kemasaman (pH) 6-7.[2]

Buah dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai penyedap atau komponen kue/puding. Aroma yang khas berasal dari sejumlah flavonoid & beberapa terpenoid. "Daging buah" mengandung bnyk asam sitrat (harafiah: "asam jeruk") yang memberikan rasa masam yang tajam ttp segar.

 



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Paniai Halmahera Barat Kota Tasikmalaya Empat Lawang Kota Bima Kota Tasikmalaya Banyuasin Dumai Belitung Timur Ogan Komering Ulu Timur Tana Toraja Cilegon Mesuji Pulau Morotai

Dan Kec lainnya Kec. Jiwan Kec. Tanah Jawa Kec. Sariwangi Kec. Lintong Nihuta Kec. Daha Selatan Kec. Cimanggis Cibarusah Kec. Kamal Kec. Bola Kec. Siempat Nempu Hilir Kec. Rasanae Barat Kec. Patimuan Kec. Waleri Kec. Cisarua Kec. Ambarawa Kec. Jrengik Kec. Kuta Cot Glie Kec. Siatas Barita Kec. Gondang Kec. Ganeas

Tag Jeruk manfaat buah jeruk untuk pleci

Tag search: manfaat buah jeruk untuk pleci Jeruk


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Jeruk manfaat buah jeruk untuk pleci adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Jeruk manfaat buah jeruk untuk pleci"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit